Medan

Leasing ACC di Medan, Dinilai Kangkangi Putusan Pengadilan Sampai Mengusir Wartawan

Kantor ACC Medan Jl Adam Malik. Bumantara/Iyan Turnip

Medan-Bumantaranews: Astra Credit Company (ACC), perusahaan leasing di Kota Medan kini sedang dalam sorotan. Selain dinilai mengangkangi putusan pengadilan, korporasi yang berkantor di Jl Adam Malik Medan itu juga mengusir wartawan yang mengklarifikasi perkara pelanggaran hak konsumen.

Hal itu berawal setelah seorang konsumen ACC bernama Agus Salim merasa dipersulit untuk memperoleh BPKB mobil miliknya meski cicilan kreditnya sudah lunas dibayar.

Agus menceritakan bahwa mobil avanza miliknya sudah dilunasi sejak 9 Juni 2015. Mobil itu merupakan hasil over kredit atas nama Nelly Sugiarto. Namun saat dirinya meminta BPKB, leasing berdalih.

“Leasing selalu berdalih agar saya mengantongi surat kuasa dari Nelly Sugiarto, sementara orang tersebut sudah tidak tinggal di alamat yang saya temui pertama kali,” terang Agus Salim di kantor ACC Medan.

Permasalahan itu dilanjutkan ke Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK). Sidang pertama dilakukan Juli 2015 dan sudah diputuskan oleh Pengadilan Negeri Medan September 2015. Hasil keputusan itu memerintahkan pihak ACC untuk menyerahkan BPKB pada Agus Salim.

“Namun meski sudah ada surat putusan dari Pengadilan Negeri Medan, pihak ACC tetap tidak mau menjalankan putusan BPSK yang telah dikeluarkan oleh pengadilan,” kata Agus.

Buntutnya, Pengadilan Negeri Medan mengeluarkan surat teguran kepada ACC dan dihadiri oleh kuasa hukum ACC yang diwakili, Agusri Putra Permata Nasution SH dengan Surat kuasa 9 Agustus 2016. Surat penetapan tersebut dengan Nomor 26x/2016/710/pen/Bpsk-Mdn/2015/PN Mdn.

“Saat surat teguran pertama itu, pihak ACC yang diwakili oleh kuasa hukumnya Agusri Putra Permata Nasution SH pada prinsipnya pihak ACC bersedia melaksanakan putusan BPSK sesuai dengan yang termuat dalam surat teguran yg dikeluarkan Pengadilan pada 18 agustus, tapi sampai saat ini mereka tidak melakukannya,”ucap Agus.

Sementara itu, saat Bumantaranews melakukan konfirmasi pada pihak manajeman ACC ke kantornya, tidak ada yang berkenan menjawab. Namun dari lantai dua turun seorang wanita yang belakangan diketahui bernama Sondang langsung mengusir wartawan.

“Saya tidak ada urusan dengan anda-anda sebaiknya silakan tunggu di luar,”ucap Sondang.

Sondang pun mengajak Agus Salim masuk ke ruangannya di lantai II Kantor ACC Medan. Namun menurut pengakuan Agus, dirinya dibentak oleh Sondang dan petugas security di dalam ruangan tersebut.

“Ada 15 orang mengelilingi saya di ruangan itu. Petugas security juga mengajak saya berkelahi. Saya memilih untuk keluar saja,” tukas Agus Salim.

Penulis: Iyan Turnip

Editor: Rakyat Asril

 

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Jalan H Manaf Lubis (Gaperta Ujung), Kelurahan Kelurahan Tanjunggusta,Kecamatan Medan Helvetia, Kota Medan

No Telephone : 0877-6822-1959 | 061-8441466

Copyright © 2017 Bumantaranews.com, powered by Mahapalamultimedia

To Top