Wisata

Travelling ke Air Terjun Bukit Gibeon Yang Lagi Naik Daun

Catatan Edison Tamba

Dinamakan Air Terjun Bukit Gibeon, karena berada di Pusat Seminari Bukit Gibeon (PSBG). Sebenarnya bukit gibeon merupakan sekolah misionaris (sekolah pendeta gitu).

Pusat Seminari Bukit Gibeon sendiri memiliki banyak fasilitas antaralain Rumah Doa berbagai ukuran kapasitas ruangan, menara doa, gereja, ruang penginapan peserta retreat untuk pria dan wanita.

Ada juga ruang makan, aula dan ruang belajar, sekretariat, fasilitas ibadah ruang terbuka/taman, fasilitas api unggun, dapur & halaman parkir, tempat wisata berupa kolam renang dan air terjun, tersedia juga program latihan kepemimpinan (excellent leadership camp).

Nah, yang lagi ngehits dan paling menarik untuk dikunjungi adalah adanya kolam renang dan air terjun yang menyatu. Jadi Air Terjun tersebut jatuh langsung ke kolam renang yang telah didesain semenarik mungkin untuk wisatawan.

Oke, perjalanan kami pun dimulai dari Kota Medan. Kami berangkat sekitar jam 9 pagi dan sampai di Kota Parapat sekitar jam 2 siang. Setelah check-in dan meletakkan barang bawaan, kamipun melanjutkan perjalanan menuju Bukit Gibeon tersebut. Air Terjun Gibeon ini berada di Desa Parsaoran Sibisa, Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara.

Air Terjun Bukit Gibeon ini tidak susah untuk didapatkan. Dari Parapat jalan terus menuju arah Balige, sekitar 10 km atau sekitar setengah jam setelah itu, akan terlihat gapura yang besar di sebelah kanan dari jalan. Di gapura ada tulisan Bukit Gibeon.

Nah, masuk aja, jaraknya kurang lebih 1 km ke dalam. Jalannya kurang mulus. Setelah itu akan nemu pintu masuknya dari jalan sebelah kiri. Setelah dari pintu masuk, jalanannya sudah mulus kok, masuk aja kedalam. Nanti bakalan terlihat tuh sekolah misionarisnya. Kalian bisa foto-foto juga di sekolah misionarisnya. Tempatnya juga bagus dan lagi ngehits yang terkenal dengan nama Rumah Doa Segala Bangsa.

Oke,, melanjutkan perjalanan. Sebelum pintu masuk sekolahnya ada jalan menuju ke air terjunnya, ada petunjuknya kok. jadi gak usah bingung. Ntar ada pos satpam.

Nah…di situ kalian beli tiket masuk seharga Rp10.000/orang ditambah Rp2.000,- untuk parker (sepedamotor). Kemudian lanjutkan perjalanan. Jalan aja terus, nanti bakalan nemu pos ke-2.

Di sini pos ini kalian akan disetop. Tapi, tenang aja gak ada razia kok. Di situ petugasnya mengutip tiket yang udah kita beli di pos sebelumnya. Nah, setelah itu jalan aja terus ke depan. Sekitar kurang lebih 2 km nemu deh Air Terjun Bukit Gibeon tersebut.

Pemandangannya begitu luas dan indah, menuruni beberapa anak tangga untuk menikmati langsung air terjun ini. Uniknya adalah air terjun tersebut jatuh tepat di Kolam Renang. Udah gitu, airnya dingin banget kayak air es, tapi rugi deh kalau gak menikmati langsung dengan mandi dibawah air terjun tersebut. Karena airnya begitu jernih untuk kita nikmati.

Penasaran ingin merasakan nikmatnya mandi dibawah air terjun ini? Langsung saja deh ke Bukit Sigeon dan Nikmati segarnya air terjun dan keindahan pemandangan alam Bukit Sigeon.

Adalagi, sekedar info bagi traveling ,memang saat ini sedang tahap pembangunan fasilitas di lokasi tersebut, tetapi tidak terlalu mengganggu para pengunjung. Selamat bertravelling.

 

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Jalan H Manaf Lubis (Gaperta Ujung), Kelurahan Kelurahan Tanjunggusta,Kecamatan Medan Helvetia, Kota Medan

No Telephone : 0877-6822-1959 | 061-8441466

Copyright © 2017 Bumantaranews.com, powered by Mahapalamultimedia

To Top