Pangdam I/BB Mayjen TNI Lodewyk Pusung bersama Kapolda Sumatera Utara Irjen. Pol. Dr. H Rycko Amelza Dahniel, M.Si menyerahkan secara simbolis kepada perwakilan personel pendukung usai acara pembukaan pencanangan Toba Go Green Kodam l/BB Tahun 2016 di Penatapan Sipiso-piso Desa. Tongging, Kec. Merek, Kab. Karo, Rabu (23/11/2016).

Tanahkaro-Bumantaranews: Pangdam I/BB Mayjen TNI Lodewyk Pusung memimpin acara Pembukaan Pencanangan Toba Go Green Kodam l/BB Tahun 2016 di Penatapan Sipiso-piso Ds. Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten tanahkaro, Rabu (23/11/2016).

Guna membantu program pemerintah untuk mewujudkan penanaman 1 miliar pohon dan sebagai bentuk peran serta Kodam l/BB bekerja sama dengan Polda Sumut, BPDAS, BUMN serta segenap elemen masyarakat dalam memeliara ekosistem kawasan Danau Toba di Sumatera Utara.

Pangdam I/BB Mayjen TNI Lodewyk Pusung dalam sambutannya mengatakan keberhasilan program aksi gerakan penanaman pohon serentak Indonesia, memacu Pemerintah untuk meluncurkan program penanaman Satu Miliar pohon yang dimulai pada Tahun 2010 merupakan upaya untuk mengatasi pemanasan global, degradasi dan deforestasi hutan, serta kerusakan lahan dan lingkungan lainnya yang mengakibatkan penurunan produktivitas alam dan kelestarian lingkungan.

Khusus untuk kawasan Danau Toba, Presiden RI Ir. Joko Widodo telah memberikan perhatian yang sangat serius pada saat penanaman pohon di Ds. Parparean I Kec. Porsea Kab. Toba Samosir pada tanggal 21 Agustus 2016. Presiden RI menyatakan bahwa kegiatan penghijauan bertujuan untuk memulihkan ekosistem dan lingkungan dalam rangka menyongsong Danau Toba menjadi kawasan wisata bertaraf Internasional.

Lebih lanjut Pangdam I/BB mengatakan kegiatan Toba Go Green akan berlanjut sepanjang Tahun, sehingga tercapai target yang diharapkan sesuai dengan yang telah direncanakan yaitu berkisar lebih kurang 40 Juta pohon.

Pangdam I/BB berharap penanaman pohon nantinya dapat menghijaukan wilayah kritis di sekitar kawasan Danau Toba yang luasnya lebih kurang mencapai 380.000 Hektar, sehingga apa yang menjadi harapan bapak Presiden RI untuk menjadikan Danau Toba sebagai salah satu dari 10 Top Destinasi Wisata Internasional dapat terwujud.

Bagian akhir sambutannya, Pangdam I/BB menyampaikan jaga dan pelihara pohon yang sudah kita tanam, tanpa adanya kepedulian dan partisipasi dari masyarakat untuk menjaga dan mengamankan apa yang sudah kita tanam, maka mustahil apa yang menjadi harapan kita semua dapat tercapai.

Adapun target penanaman pohon Tahun 2016 sebanyak 504.900 Pohon, yang sudah di tanam sebannyak 240.000 Pohon. Kegiatan pencanangan penanaman pohon akan ditanam sebanyak 5.000 Pohon, selanjutnya sisa target penanaman sebanyak  259.900 pohon.

Personel pendukung yang melibatkan 3.500 orang yang meliputi anggota Kodam l/BB dan jajarannya sebanyak  650 orang, Polda Sumut  dan jajarannya 550 orang, Pemda Kab. Karo 100 orang, OKP/Ormas 200 orang, Mahasiswa dan pelajar 1.000 orang dan Masyarakat sebanyak 1.000 orang.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kapolda Sumut  beserta unsur FKPD Provsu, Kasdam I/BB, Wakapoldasu, Bupati Karo, Irdam I/BB, Danrem 022/PT, Danrem 023/KS, Danrindam I/BB,  Para Staf Ahli Pangdam I/BB, Para Asisten Kasdam I/BB, Para Kabalakdam I/BB, Kadis Kehutanan Provsu, Rektor USU, Rektor Univ. Panca Budi, Dirut PT. Inalum, Dirut PTPN IV, Dirut PTPN III.

Editor: Maruli Siregar

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Jalan H Manaf Lubis (Gaperta Ujung), Kelurahan Kelurahan Tanjunggusta,Kecamatan Medan Helvetia, Kota Medan

No Telephone : 0877-6822-1959 | 061-8441466

Copyright © 2017 Bumantaranews.com, powered by Mahapalamultimedia

To Top