Olahraga

Lepas Lomba Lari 10 K, Gubsu Beri Kejutan

Gubernur Sumatera Utara H T Erry Nuradi melepas Kejuaraan lomba lari 10 K dan 5K diikuti 6.000 peserta di Perbaungan, Serdangbedagai, Minggu (18/12/2016). Foto|Ist

Medan-Bumantaranews:  Gubernur Sumatera Utara H T Erry Nuradi melepas Kejuaraan lomba lari 10 K dan 5K diikuti 6.000 peserta di Perbaungan, Serdangbedagai, Minggu (18/12/2016). Lomba lari piala Gubsu dengan total hadiah Rp67,6 juta itu mengambil titik finish di kawasan Wisata Theme Park, Pantai Cermin.

‌Lomba diikuti peserta dari 10 kabupaten/kota di Sumatera Utara. Selain menggalakkan olahraga lari, lomba yang berlokasi di salah satu destinasi andalan wisata ini juga dalam rangka promosi pariwisata.

Hadir dalam kesempatan itu Ketua TP PKK Sumut Hj Evi Diana ERrry Nuradi, Bupati Serdang Bedagai H Soekirman, Wakil Bupati Sergai, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Baharuddin Siagian, Kepala SKPD Provsu dan Serdangbedagai.

Acara diawali dengan pelepasan 1.400 peserta lomba 10 k untuk kategori umum di Kecamatan Perbaungan oleh Gubsu. Selanjutnya Gubernur beserta rombongan menuju pelepasan lomba 5 K yang diikuti 4.600 pelajar sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas.

Usai melepas peserta Gubsu beserta rombongan ikut berjalan kaki menyusuri jalan menuju Pantai Cermin. Sesekali Gubernur tamoak menyapa warga masyarakat yang dilintasinya.

Penyerahan pemenang lomba dan hadiah undian dilaksanakan di Pantai Cermin. Gubernur Erry Nuradi membuat kejutan bagi seluruh peserta lomba lari pada saat penyerahan hadiah bagi pemenang. Kejutannya adalah dengan menggratiskan tiket masuk ke lokasi wisata Theme Park.

“Hari ini, siapa yang menjadi peserta lomba lari, boleh masuk gratis dengan hanya menunjukkan nomor punggung peserta,” ujar Erry yang kemudian disambut tepuk tangan meriah ribuan peserta.

Gubernur yang hadir didampingi Ketua TP PKK Ny Evy Diana Erry Nuradi mengajak generasi muda untuk selalu meningkatkan prestasi dan menjaga kebugaran tubuh dengan berolahraga.

Kareha sebagaimana pepatah mengatakan, Mens sana in corpore sano, adalah sebuah kalimat dalam bahasa Latin yang artinya adalah Jiwa yang sehat ada dalam tubuh yang sehat. Dengan rutin berolahraga menurut Gubsu bisa mencegah hal negatif seperti penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan. “Adik-adik tetap giat belajar, dan tidak tercemar penyalahgunaan narkoba,” imbuh Erry.

Bupati Serdang Bedagai H Soekirman mengungkapkan pihaknya merasa terhormat karena Kecamatan Perbaungan dan Pantai Cermin menjadi  lokasi perlombaan.

“Kami merasa terhormat acara dilaksanakan di Sergai, dimana peserta bukan hanya warga Sergai tapi juga daerah lain dari 10 kab/kota seperti Tebingtinggi, Medan,  Siantar, Binjai dan lainnya,” kata Soekirman.

Menurutnya, anak muda adalah harapan bangsa untuk membangun ketahanan nasional. Dikatakannya saat ini bangsa terancam oleh kesenjangan sosial, korupsi, terorisme dan narkoba.

Pemenang Kelompok Umum Putra adalah juara 1 Welman Pasaribu asal Yonif 121 Macan Kumbang, juara 2 Udin Akbar asal Yon Arhanudse/11, dan Juara 3 Lorenzo Sinaga asal Kota Medan. Untuk Kelompok Umum Putri Juara I adalah Pretty Sihite asal Kota Sibolga, Juara II Nyai Prima asal Tapsel dan Irma Br Tarigan asal Deliserdang.

Untuk Kelompok 5 Km putra pemenang I-III adalah Risken (Tapsel), Juan Aria Meliana (SMA SIbiru-biru) dan Join Barus (SMA 5 Kabanjahe). Untuk Kelompok 5 Km Putri pemenang I-III adalah Zaina Mustika (SMP Santa Maria), Lentaria (SMPN 3 Batang Angkola) dan Maulida (SMP 5 Ceres Medan). Panitia memberi hadiah kepada 10 pemenang masing-masing untuk kelompok umum putra dan putri, serta 15 pemenang masing-masing untuk kelompok 5K putra dan putri.

Penulis: Edison Tamba

Editor: Maruli Siregar

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Jalan H Manaf Lubis (Gaperta Ujung), Kelurahan Kelurahan Tanjunggusta,Kecamatan Medan Helvetia, Kota Medan

No Telephone : 0877-6822-1959 | 061-8441466

Copyright © 2017 Bumantaranews.com, powered by Mahapalamultimedia

To Top