foto/Istimewa

Dolok Sanggul-Bumantaranews: Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang tampak hadir dalam acara penyerahan seribu sertifikat tanah program startegis Kementerian Agraria dan Tata Ruang tahun 2016. Acara yang digelar di Doloksanggul, Kabupaten Humbahas Sumatera Utara itu juga turut dihadiri Menko Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan.

Penyerahan  secara simbolis  diberikan kepada 6 orang perwakilan masyarakat Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) di Komplek Kantor Bupati, Bukit Inspirasi, Doloksanggul, Senin (26/12). Namun belum bisa diketahui alasan kehadiran Saut Situmorang dalam acara yang juga dihadiri Gubernur Sumut, HT Erry Nuradi itu.

Hanya saja, Menko Luhut mengatakan bahwa baru kali ini dalam sejarah Indonesia dilakukan pembagian sertifikat tanah sebanyak dan secepat itu kepada masyarakat.

“Presiden minggu yang lalu, sudah memerintahkan kepadanya, untuk melakukan pemerataan kepemilikan tanah yaitu 9 juta hektar tanah kepada rakyat. Supaya rakyat juga menikmati pembangunan negeri ini. Baru pertama sejarah Indonesia pembagian sertifikat lebih cepat. Sekarang kami punya mimpi, bahwa sertifikasi tanah ini akan diberikan lebih banyak lagi,” tandasnya.

Menko Luhut Panjaitan yang didampingi Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita dan beberapa pejabat lainnya juga menyerahkan hand traktor roda dua (2) sebanyak 64 unit kepada tiga perwakilan kelompok tani di Humbahas. Pada kesempatan itu, dilaksanakan juga peresmian dan penandatanganan prasasti PLTA PT Energi Sakti Sentosa (ESS) Pakkat berkapasitas 3 x 6 MW, serta pemberian aksi sosial nasional kepada Madrasah Tsanauiyah Negeri Doloksanggul berupa Sajadah, sarung, Mukenah dan buku Islami.

Sementara itu, Gubsu H Tengku Erry Nuradi mengakui tanpa dukungan dari pemerintah pusat dan jajarannya, pembangunan di daerah tidak akan berjalan dengan baik dan maksimal. Sebab menurut dia, anggaran di tiap daerah sangatlah terbatas.

“Penyerahan sertifikat tanah ini penting sekali untuk kemajuan masyarakat, khususnya di Kabupaten Humbang Hasundutan ini. Begitu juga dengan peresmian PLTA ini. Sebab, sebagaimana diketahui, di Sumut masih membutuhkan energi listrik sebanyak 1.850 MW. Dan saat ini masih banyak pembangkit-pembangkit yang membutuhkan perbaikan. Sehingga pembangkit listrik di Sumut harus terus ditambah,” kata Gubsu.

Editor: Muhammad Asril

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Jalan H Manaf Lubis (Gaperta Ujung), Kelurahan Kelurahan Tanjunggusta,Kecamatan Medan Helvetia, Kota Medan

No Telephone : 0877-6822-1959 | 061-8441466

Copyright © 2017 Bumantaranews.com, powered by Mahapalamultimedia

To Top