Proyek normalisasi irigasi Desa Suka Babo Kecamatan Juhar Kabupaten Karo yang diduga sarat permainan. Foto/Ist

Medan-BUMANTARA: Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air, Cipta Karya dan Tata Ruang kembali diterpa kasus dugaan korupsi proyek. Yang menjadi sorotan kali ini adalah Proyek Normalisasi Irigasi di Desa Suka Babo Kecamatan Juhar Kabupaten Karo.

Informasi dihimpun Bumantara hingga pekan lalu, proyek itu mendapat gelontoran dana senilai Rp7,5 miliar bersumber APBD 2016.

Menurut investigasi DPW Generasi Muda Peduli Tanah Air (GEMPITA) Sumut, diketahui terdapat kekurangan volume dari pekerjaan tersebut dan diduga tidak sesuai dengan spesifikasi dalam kontrak kerja.

“Kondisi tersebut tidak sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah dan masih banyak lagi regulasi yang dikangkangi,” kata Ketua GEMPITA Esra Ginting Manik dalam surat tertulisnya.

Menurut Esra, kondisi kekurangan volume pekerjaan tersebut terjadi karena diduga panitia Penerima Hasil Pekerjaan tidak cermat dalam melakukan penelitian terhadap kemajuan pekerjaan dan pemeriksaan atas kesesuaian spesifikasi teknis pekerjaan.

“Kami menduga rekanan tidak mematuhi ketentuan yang disepakati dalam kontrak,” tandas Esra.

Pihaknya juga mensinyalir pengawas lapangan kurang optimal dalam melaksanakan tugasnya di lapangan.

“Bahwa dari kegiatan pekerjaan yang telah kami uraikan itu, Kuasa Pengguna Anggaran, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Pengawas tim penilai dan/ atau Konsultan Pengawas diduga telah melakukan koorporasi dan konspirasi dengan pengelola/rekanan dalam menilai hasil pekerjaan tanpa mengedepankan profesionalisme dan tanggungjawab terhadap jabatan/kewenangan yang diemban,” ujar Esra.

Yang parahnya, fisik dari pekerjaan tersebut telah mengalami kerusakan, pengelupasan di beberapa bagian pekerjaan.Menurut Esra, hal itu diakibatkan ketidaksesuaian dengan RAB/ Bestek, mutu, kualitas dan kuantitas yang sudah ditentukan dan/ atau dipersyaratkan.

Namun hingga berita ini dilansir, Kepala Dinas PSDA, Cipta Karya dan Tata Ruang Lukmanul Hakim belum memberi tanggapan apapun.

Penulis: Effendi Warmin

Editor: Nurfatimah

Jalan H Manaf Lubis (Gaperta Ujung), Kelurahan Kelurahan Tanjunggusta,Kecamatan Medan Helvetia, Kota Medan

No Telephone : 0877-6822-1959 | 061-8441466

Copyright © 2017 Bumantaranews.com, powered by Mahapalamultimedia

To Top