Medan

Sosiologi Agama UIN Sumut Harus Ambil Peran Dalam Pembangunan

Medan-Bumantara: Sebagai program studi baru, Sosiologi Agama UIN Sumut harus bisa mengambil peran dalam pembangunan Sumatera Utara. Apalagi dalam tahun kontestasi politik saat ini, Prodi Sosiologi Agama (SA) diharapkan memberi sumbangsih pemikiran dan kritik yang membangun.

Demikian salahsatu kesimpulan dalam acara SA Expo bertajuk Menatap Sumatera Utara Hari Ini, Esok dan Akan Datang yang digelar di Aula UIN Sumut. Kegiatan yang dilaksanakan 11-15 Desember 2017 itu turut dihadiri narasumber Ikbal Hanafi Hasibuan MH.I, Zulkifli SPD.I, Hasbi Simanjuntak dan Ketua Jurusan Sosiologi Agama Dr Irwansyah.

Ketua Panitia Fajar Dermawan mengatakan, sosiologi agama merupakan prodi baru di lingkungan UIN Sumut yang berada di Fakultas Ilmu Sosial.

“Kegiatan SA Expo ini merupakan wujud nyata kreativitas mahasiswa meski baru hanya ada satu angkatan dan baru satu kelas ini,” kata Fajar.

Katanya, SA Expo diisi dengan sejumlah kegiatan. Salahsatunya dialog publik  bertemakan “Menatap Sumatera Utara Hari Ini, Esok dan Akan Datang”.

Sejumlah narasumber sepakat bahwa  Sumatera Utara harus dibenahi jauh lebih baik lagi.

“Semoga Prodi SA bisa mengambil peran dan wacana dalam Menyambut kontestasi politik 2018,” kata Fajar.

Acara yang dibuka langsung Dekan Fakultas Ilmu Sosial UIN Sumut Prof Dr Ahmad Qorib MA itu juga diisi dengan kegiatan lomba Debat Antar Mahasiswa,  Stand Up Comedy,  Vokal Solo,  Fashion Muslim/Muslimah, Puisi dan seni tari daerah.

“Acara ini bertujuan untuk mengajak para mahasiswa untuk bekerja kreatif dan menghindari kegiatan negatif seperti narkoba dan free sex,” tandas Fajar.

Mewakili panitia, Fajar mengucapkan apresiasi kepada aktivis mahasiswa Feri Nofirman Tanjung,  MSi dan Ketua PKB Sumut Drs. Ance Selian.

“Kedua tokoh ini menuangkan perhatian  yang begitu besar atas terselenggaranya expo ini. Kami siap membantu jika dibutuhkan dalam setiap program yang dilaksanakan PKB Sumut khususnya Bapak Ance Silian,” tukasnya.

Editor: Rakyat Asril

Jalan H Manaf Lubis (Gaperta Ujung), Kelurahan Kelurahan Tanjunggusta,Kecamatan Medan Helvetia, Kota Medan

No Telephone : 0877-6822-1959 | 061-8441466

Copyright © 2017 Bumantaranews.com, powered by Mahapalamultimedia

To Top