Medan-Bumantaranews: Dalam rangka proses pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih Pilgubsu 2018, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara (Sumut) dan KPU Deli Serdang menggelar upacara di lapangan bola kaki Klambir V Hamparan Perak Deli Serdang Sabtu (20/01/2017).

Pantauan wartawan dilokasi acara upacara tampak dihadiri oleh Komisioner KPU RI Evi Novida Ginting, Ketua Komisoner KPU Sumut Mulia Banurea dan Komisioner lain seperti Djoel Hasmi, Nazir Salim Manik dan Iskandar serta Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu)   Sumut maupun Panwaslu dari Kabupaten Deliserdang plus PPK, PPS maupun Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP).

Dalam arahannya, Komisioner KPU Pusat Evi Novida menjelaskan, Coklit merupakan gerakan bersama secara Nasional yang menjadi Spirit berbasis kekeluargaan, sehingga  petugas  PPDP harus bekerja maksimal.

Bersamaan dengan itu, program coklit dapat menjadi solusi dalam melakukan pemutakhiran data dan menjadi langkah awal perbaikan data pemilih.

” Coklit adalah mencocokkan data dan meneliti data yang diserahkan Pemerintah dengan data yang ada pada KPU Sumut ( data pemilih hasil Pemilu 2014 ),” ungkap Novida.

Tidak sampai disitu, lanjut Novida, poses coklit data yang dijadwalkan mulai 20 Januari s/d 18 Pebruari 2018 tersebut digelar dari rumah – kerumah penduduk, bukan dilakukan diatas meja.

Hal ini untuk memastikan apakah masih ada warga yang masih belum tercatat sebagai pemilih.

Senada dengan hal tersebut, Ketua KPU Sumut Mulia Banurea mengingatkan bahwa yang dicocokkan dan diteliti hanya warga yang telah memiliki KTP – elektronik atau yang memiliki Surat Keterangan (SuKet) sebagai Pemilih.

Lebih lanjut Mulia mengatakan, proses Coklit ini merupakan pencocokan data Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) yang mereka terima dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil).

“Jadi lewat coklit ini akan diketahui apakah data dari DP4 tersebut masih sesuai atau tidak. Kalau misalnya tidak, maka akan diberi catatan oleh petugas misalnya si A ternyata tidak lagi tinggal di alamat yang tertulis, maka akan kita buat keterangan. Begitu juga jika ternyata orangnya telah meninggal dunia,” pungkasnya.

Penulis : Otti Batubara
Editor : Edi S Tamba

 

Jalan H Manaf Lubis (Gaperta Ujung), Kelurahan Kelurahan Tanjunggusta,Kecamatan Medan Helvetia, Kota Medan

No Telephone : 0877-6822-1959 | 061-8441466

Copyright © 2017 Bumantaranews.com, powered by Mahapalamultimedia

To Top