Terlihat, TNKB kendaraan dan salah satunya kendaraan Dinas Badan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Sumatera Utara yang berubah plat menjadi warna hitam. Bumantara-Otti Batubara

Medan-Bumantaranews: Terkait ditemukannya kendaraan dinas dengan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) kembar BK 71, yang sempat menjadi pusat perhatian di plataran parkir Kantor Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), dipastikan salah satu diantaranya milik Badan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Sumatera Utara.

Dikonfirmasi kepada,KepalaBPSDM Provinsi Sumut Ir Bonar Sirait melakui komunikasi via whatsapp (Wa) , Kamis (24/01/2018) mengakui bahwa benar Toyota Fortuner BK 71 kendaraan dinasnya.

“Itu sama Pak, kalau BPSDM platnya BK 71 hanya satu,Tks” Kata Bonar.

Disinggung kepadanya, mengenai kesamaan TNKB dengan tanggal dan tahun pajak yang juga berbeda, diakuinya bahwa benar dan sudah diatur.

“Betul Pak, kalau BPSDM platnya sudah di atur begitu”jelas Bonar tanpa menjelaskan siapa yang mengatur plat TNKB yang digunakan tersebut.

Ditelusuri dan disinggung kembali mengenai perubahan warna plat yang seharusnya milik dinas berwarna merah berubah menjadi warna hitam.

Bonar Sirait kembali bungkam dan tidak memberikan jawaban hingga berita ini diterbitkan.

Teks Foto: Kendaraan Dinas Berplat Merah. Bumantara-ist

Sebelumnya, Dalam Perkapolri 5/2012, plat kendaraan disebut dengan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (“TNKB”).

TNKB adalah tanda regident kendaraan bermotor yang berfungsi sebagai bukti legitimasi pengoperasian kendaraan bermotor berupa pelat atau berbahan lain dengan spefikasi tertentu yang diterbitkan Polri dan berisikan kode wilayah, nomor registrasi, serta masa berlaku dan dipasang pada kendaraan bermotor.

TNKB dibuat dari bahan yang mempunyai unsur-unsur pengaman sesuai spesifikasi teknis berupa logo lantas dan pengaman lain yang berfungsi sebagai penjamin legalitas TNKB.

Mengenai warna TNKB, ada beberapa warna TNKB sebagai berikut, dasar hitam, tulisan putih untuk kendaraan bermotor perseorangan dan kendaraan bermotor sewa.

Dasar kuning, tulisan hitam untuk kendaraan bermotor umum.Dasar merah, tulisan putih untuk kendaraan bermotor dinas Pemerintah, Dasar putih, tulisan biru untuk kendaraan bermotor Korps Diplomatik negara asing.

Dasar hijau, tulisan hitam untuk kendaraan bermotor di kawasan perdagangan bebas atau (Free Trade Zone) yang mendapatkan fasilitas pembebasan bea masuk dan berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan, bahwa kendaraan bermotor tidak boleh dioperasionalkan/dimutasikan ke wilayah Indonesia lainnya.

TNKB yang tidak dikeluarkan oleh Korlantas Polri, dinyatakan tidak sah dan tidak berlaku.

Jadi pada dasarnya benar bahwa kendaraan bermotor dinas pemerintah menggunakan TNKB/plat berwarna merah.

Penulis : Otti Batubara
Editor : Edi S Tamba

Jalan H Manaf Lubis (Gaperta Ujung), Kelurahan Kelurahan Tanjunggusta,Kecamatan Medan Helvetia, Kota Medan

No Telephone : 0877-6822-1959 | 061-8441466

Copyright © 2017 Bumantaranews.com, powered by Mahapalamultimedia

To Top