Medan

Sumut Rangking 33 Indeks Kebahagiaan, Doli Siregar: Berarti Ada Masalah

Doli Sinomba Siregar

Medan-Bumantara: Lansiran kantor Staf Presiden RI melalui Laporan Bulanan Badan Pusat Statistik Januari 2018, mengeluarkan indeks kebahagiaan penduduk Indonesia tahun 2017. Provinsi Sumut ada di rangking 33.

Menyikapi hal itu, Anggota DPRD Sumut Fraksi Golkar Doli Sinomba Siregar mengaku tak habis pikir dengan realita itu.

Kepada wartawan, Senin (29/1/2018)  Doli yang besan Presiden Jokowi ini menilai ada yang tidak masuk akal dengan kondisi di Sumut saat ibi.

Sebab menurutnya, Sumut memiliki potensi wilayah yang cukup bagus.

“Saya rasa ada masalah dong. Kenapa warga Sumut dianggap tidak bahagia tahun 2017 lalu? Ini jadi PR serius Gubsu terpilih nanti. Segera benahi apa-apa penyebab warga Sumut tidak bahagia,” imbau Doli.

Anggota Komisi A DPRD Sumut itu menilai, indeks berkorelasi dengan berbagai masalah warga dalam memenuhi kebutuhan pokok.

“Berlangsung kurun waktu panjang tapi pemerintah justru abai menyikapi. Termasuk kebutuhan khusus lain semisal hak memperoleh rasa aman, nyaman, tentram, perdamaian, keadilan, persamaan di depan hukum hingga keleluasaan berekreasi atau berkreasi,” ujar Legislator DPRD Sumut Dapil Tabagsel tersebut.

Bagi Wakil Sekjen DPP Partai Golkar Bidang Pemenangan Pemilu Wilayah Sumatera itu, pemerintah pusat dan daerah berkewajiban memenuhi segala kebutuhan rakyat dari A sampai Z.

“Bila rakyat susah memenuhi kebutuhannya, sudah pasti mereka diam saja namun memendam kegalauan, kekalutan bahkan kekecewaan,” yakin Doli.

Dia mencontohkan, Partai Golkar punya 3 program strategis dalam hal pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat. Di antaranya sembako murah, ketersediaan lapangan pekerjaan serta perumahan yang terjangkau oleh rakyat.

“Sekali lagi, siapapun pemimpin Sumut kelak, saya minta pemerintah merealisasikan hak-hak warga negara untuk hidup bahagia. Itu bagian dari Hak Asasi Manusia juga loh,” imbuh Doli.

Merujuk data Badan Pusat Statistik edisi 92 Januari 2018 tersebut daerah paling bahagia di urutan pertama ada Maluku Utara.

Angka itu diikuti Maluku, Sulawesi Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Gorontalo, Kepulauan Riau, DI Yogyakarta, Bali Sumatera Barat, Kalimantan Selatan, Sumatera Selatan, Aceh, Sulawesi Tengah.

Selanjutnya Sulawesi Selatan, Riau, Kep Bangka Belitung, Papua Barat, DKI Jakarta, Sulawesi Tenggara, Jawa Tengah, Kalimantan Tengah, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Bengkulu, Jambi, Kalimantan Barat, Sulawesi Barat, Banten, Jabar, Lampung, NTT, Sumut dan terakhir Papua.

Editor: Rakyat Asril

Jalan H Manaf Lubis (Gaperta Ujung), Kelurahan Kelurahan Tanjunggusta,Kecamatan Medan Helvetia, Kota Medan

No Telephone : 0877-6822-1959 | 061-8441466

Copyright © 2017 Bumantaranews.com, powered by Mahapalamultimedia

To Top