Medan

Tolak Operasi Trawl, Ribuan Nelayan Geruduk DPRD Sumut

Aksi ribuan nelayan tradisional ke DPRD Sumut, Senin 5 Februari 2018. Foto/Dian G

Medan-Bumantara: Ribuan nelayan Sumutatera Utara yang tergabung dalam Aliansi Nelayan Tradisional Sumatera Utara gelar aksi di kantor DPRD Sumut Senin (5/2/2018).

Aksi ini merupakan bentuk protes nelayan terhadap penggunaan alat tangkap trawl dan sejenisnya yang dapat merusak ekosistem biota laut serta menimbulkan kerugian bagi nelaya tradisional.

Ketua Aliansi Nelayan Tradisional Sumut Sutrisno SH mengatakan, nelayan tradisional sangat dirugikan dengan adanya operasi penggunaan alat tangkap trawl ini.

“Kami bukan tidak mampu menggunakan alat tangkap trawl ini, tapi kami ingin ada keberlangsungan ekosistem laut yang juga bisa dimanfaatkan oleh generasi selanjutnya, karena kami paranelayan menggantungkan hidup pada laut,” jelasnya.

Persoalan lain yang juga menjadi tuntuan para melaya adalah terkait penanganan hukum oleh pemerintah dan aparat penegak hukum yang dinilai tidak serius terhadap pelanggaran yang terjadi di laut terutama terhadap penggunaan alat tangkap yang merusak lingkungan.

Seperti yang sampikan oleh M Hanafia perwakilan nelayan kabupaten Deli Serdang bahwa menurut kesaksianya sering ada pelanggaran namun tidak ada penegakan hukum yang dilakukan terhadap pelaku pelanggaran.

Ia meminta kepada DPRD Sumatera Utara Untuk mendesak pemerintah agar menindak tegas para pelanggar yang menggunakan alat tangkap ikan yang dilarang penggunaanya.

“Kenapa pengguna pukat harimau tidak pernah ditangkap, kan sudah ada undang undang yang melarang itu, dan kalau pun ada yang ditindak tetapi setelah itu kembali di lepas,” katanya.

Sementara itu, setelah menerima perwakilan masa aksi, Ketua Komisi E DPRD SU Mustofawiah SE didepan masa aksi menyampaikan bahwa DPRD SU sepakat dengan tuntutan yang disampaikan dan berjanji akan meneruskan kepada pemerintah pusat untuk dapat segera ditindak lanjuti.

“Kami akan segera menyampaikan aspirasi Bapak Ibuk nelayan tradisioanal ke pemerintah pusat dan DPRS akan menyiapkan Peraturan Daerah tentang kelautan dan perikanan,” sebutnya.

Reporter: Dian Gunawan
Editor: Renggo

Jalan H Manaf Lubis (Gaperta Ujung), Kelurahan Kelurahan Tanjunggusta,Kecamatan Medan Helvetia, Kota Medan

No Telephone : 0877-6822-1959 | 061-8441466

Copyright © 2017 Bumantaranews.com, powered by Mahapalamultimedia

To Top