Ketua KPU Sumut beserta jajaran, Bawaslu dan utusan paslon usai rapat pleno pengumuman paslon Pilgubsu 2018 di Hotel Shantika Dyandra, Senin (12/02/2018). Bumantara-Otti Batubara

Medan-Bumantaranews: Komisi Pemilihan Umum Sumatera Utara ( KPU Sumut ) adakan Rapat Pleno Terbuka Pengumuman Penetapan Pasangan Calon Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara Tahun 2018 di Hotel Grand Mercure, Senin (12/2/2018).

Dalam rapat Pleno tersebut, ketua KPU Sumut Mulia Banurea menyatakan bahwa Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur JR Saragih – Ance Selian gagal menjadi Pasangan Calon.

Alasan kegagalan dikarenakan Dinas Pendidikan Jakarta tidak ada melegalisir ijazah SMA milik JR Saragih.

Sementara JR Saragih saat dikonfirmasi menyatakan bahwa tanggal 19 Oktober 2017 dirinya yang langsung meleges ke Dinas Pendidikan DKI Jakarta.

“Kepala Dinas Pendidikan DKI yang langsung tanda tangan,” tegasnya.

Setelah dinyatakan gagal sebagai Paslon, Partai Demokrat langsung mengkonfirmasi kebenaran ijazah tersebut dan jawabannya  diteruskan kepada KPU Sumut dan Bawaslu Sumut.

“dikatakan bahwa ijazah tersebut dilegalisir oleh kepala Dinas. Kepala dinas sendiri yang mengatakan dalam poin 4,” jelasnya lagi.

Lebih lanjut JR Saragih mengatakan, pada tanggal 22 Januari 2018 KPU Sumut ada membuat surat ke Dinas Pendidikan DKI, padahal batas klarifikasi pada tanggal 20 Januari 2018.

“Surat KPU dijawab oleh sekretaris Dinas Pendidikan bahwa ijazah saya tidak pernah dilegalisir. Sebenarnya mana lebih tinggi, kepala Dinas atau Sekretaris. Jadi bukan ijazahnya bermasalah tetapi legalisirnya dan itu pada tanggal 22 setelah lewat masa batas waktu,” pungkas JR Saragih.

Atas kejadian itu, JR Saragih akan melakukan gugatan, dan yang pertama sekali ke Bawaslu Sumut.

“Pertama kali ke Bawaslu karena masih ada kesempatan 3 hari lagi. Kami akan mempersiapkan terlebih dahulu gugatannya. Partai Demokrat dan Partai PKPI tidak mungkin akan tinggal diam. Kita sudah lakukan Konsolidasi Partai dan Sosialisasi ke masyarakat, pendukung kita ada sekitar 2 juta orang. Mereka tentu saja kecewa dengan keputusan ini” pungkasnya dengan isak tangis.

Penulis: Otti Batubara
Editor: Edi S

Jalan H Manaf Lubis (Gaperta Ujung), Kelurahan Kelurahan Tanjunggusta,Kecamatan Medan Helvetia, Kota Medan

No Telephone : 0877-6822-1959 | 061-8441466

Copyright © 2017 Bumantaranews.com, powered by Mahapalamultimedia

To Top