Kabanjahe-Bumantara: Kementerian Sosial menyiapkan dana sebesar Rp3 miliar lebih guna penanganan korban erupsi Gunung Sinabung, Sumatera Utara.

Dana tersebut terdiri dari jaminan hidup dan isi hunian tetap sebesar Rp2,7 miliar lebih dan bantuan bufferstock logistik sebesar Rp347,3 juta.

“Ini dari Kemensos saja untuk isi hunian tetap dan juga biaya hidup 455 KK atau 1.506 jiwa korban erupsi Sinabung yang direlokasi secara mandiri,” kata    Menteri Sosial Idrus Marham saat meninjau pengungsi korban erupsi sinabung, Kabupaten Karo, Jumat (23 Februari 2018).

Idrus menambahkan tanggap darurat terus dilakukan begitu juga pascabencana. Masa tanggap darurat ditangani oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sementara Kemensos menangani saat sudah menghuni hunian tetap dengan memberikan isi hunian tetap dan jaminan hidup.

“Ini tanggung jawab kita, isi hunian tetap sebesar Rp2 juta untuk setiap rumah berupa peralatan dapur sederhana dan jaminan hidup sebesar Rp10.000 per hari per jiwa selama tiga bulan,” katanya.

Sementara itu, Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos RI Harry Hikmat menegaskan selain memberikan bantuan dana kemensos juga menerjukan Taruna Siaga Bencana untuk membantu para pengungsi.

“Ini kan susulan. Meski demikian, Kemensos secara fungsional bertanggung jawab masalah itu,” kata Harry Hikmat.

Kemensos memiliki Penerapan Standar Operasional (protap) setiap terjadi bencana. Protap tersebut merupakan bentuk respons cepat dari pemerintah termasuk pendirian dapur umum di lokasi pengungsian.

“Biasanya langkah yang kita ambil, satu, ini instruksi Bapak Presiden (Presiden Joko Widodo). Pastikan siapapun yang kena dampak sebuah bencana, pastikan semua bisa makan. Jangan sampai tidak ada yang terurusi makannya,” tuturnya.

Selain itu, Kementerian Sosial juga memberikan bantuan Beras Sejahtera dan Bantuan Pangan Non Tunai sebesar Rp25,6 miliar rupiah lebih untuk 6 bulan yang lalu dan 6 bulan yang akan datang.

Reporter:Dian G

Jalan H Manaf Lubis (Gaperta Ujung), Kelurahan Kelurahan Tanjunggusta,Kecamatan Medan Helvetia, Kota Medan

No Telephone : 0877-6822-1959 | 061-8441466

Copyright © 2017 Bumantaranews.com, powered by Mahapalamultimedia

To Top