Daerah

Parkir di Trotoar, Postingan Wakil Walikota Medan di Apresiasi Netizen

Teks foto: Tampak postingan Akun Media Sosial Facebook diketahui milik Wakil Walikota Medan Akhyar Nasution soal kendaraan pelat merah BK 83 yang parkir di atas trotoar dimakan Balai Kota Lapangan Merdeka, Minggu (11/032018) pukul 08.59Wib.Bumantara-red

Medan-Bumantaranews: Pengawasan dan penindakan terhadap sejumlah kendaraan yang kerap melanggar aturan dengan mengalihfungsikan fasilitas umum dan trotar menjadi lokasi perparkiran menjadi tugas pokok utama bagi Pemerintah Kota Medan secara khusus Dinas Perhubungan.

Meskipun razia dan penerapan sanksi pengempesan ban kendaran kerap dilakukan Dinas Perhubungan bersama Satuan Lalu lintas (Satlantas) Kota Medan, tampaknya belum jadi efek jera bagi ‘Supir Nakal’ dan pemilik kendaran.

Seperti halnya, kejadian yang terjadi pada Minggu (11/03/2018) melalui postingan akun media sosial facebook Wakil Walikota Medan Akhyar Nasution  pukul 08,59 WIB, tampak dua foto kendaraan jenis Toyota Inova berplat merah BK 83 parkir di atas trotoar.

Dalam postingannya, terlihat dua foto yang di ambil dari bagian belakang dan depan, disertai sebuah kalimat sindirian terhadap kendaraan yang melanggar aturan tersebut.

“Tuan yang terhormat, trotoar ini untuk pejalan kaki, bukan untuk parkir mobil tuan.” Tulis Akhyar singkat pada postingannya.

 

Pantauan redaksi dipostingan Wakil Walikota tersebut, terlihat menuai kontroversi.

Ada 90 komentar utama disertai dengan 54 kali dibagikan pemilik akun berbeda, dengan berbagai tujuan.

Berdasarkan hasil kutipan redaksi, sebagian besar komentar positif yang mendukung sikap Wakil Walikota Medan memberikan efek sanksi moral dan sebagian komentar sindirian.

Berikut beberapa komentaranya:

@Todo Telaumbanua_Gimana pula yg di JL Jamin Gnting Kelurahan Darat Kecamatan Medan Baru Pak Nasution Akhyar?
Bukan hanya trotoar yg dipake untuk bengkel sepeda motor, tapi sebagian badan jalanpun dipake mereka, sehingga mengganggu pengguna jalan.
#macet

@Saman Lubis_Mobil parkir langsung di respon pak WAWA
Kalau tiang papan reklame gimana pulak pak wawa..??

@Tumpal Sitanggang_Mantap… Membuat efek jera bagi pejabat yang tidak tau aturan..

@Pramana Nasution_ Mantap pak Wawa…lanjutkan…disiplin itu harus ditegakkan, lewat fb tak apa… dah bagus itu… biar jera…publikpun bisa melihat…kalau cuma ditindak saja yang jera cuma satu…yang lain masih meraja rela…

@Putra Jawi_Kempesin aj banny…..

 

Diinformasikan, upaya keseriusan Pemko Medan, secara khsusus Dinas Perhubungan terhadap penyalahgunaan fasilitas umum seperti trotoar tersebut, dilihat beberapa titik razia yang pernah dilakukan sebelumnya.

Beberapa ruas jalan inti Kota Medan, menjadi target utama dilakukannya penyelisiran terhadap parkir liarbatau pengalihfungsian fasilitas umum.

Seperti, Jalan Kesawan Mesan, KH Zainul Arifin Medan, Diponegoro, Sudirman dan Kejaksaan.

Sebagaimana diketahui, keberadaan trotoar sudah jelas diatur dalam Undang-Undang No. 38 tahun 2004 tentang jalan yang me­nyatakan bahwa trotoar diberikan untuk pejalan kaki.

 

Kemudian Pemko Medan menguat­kan lagi dengan Perda No. 31 tahun 1993 tentang pemakaian badan jalan. Ditambah lagi dengan lahirnya surat Walikota Medan No.54/SK/1994 tentang larangan berjua­lan dan meletak­kan barang dagangan di atas jalan umum, trotoar, kaki lima dan parit umum da­lam daerah kota Medan.

Dalam per­ja­lanannya kemudian, Pemko Medan me­­nerbitkan juga Peraturan Walikota (per­wal) No. 9 tahun 2009 tentang larangan mendirikan bangunan permanen atau sementara di atas badan jalan, trotoar, drainase dan garis sepadan sungai untuk ber­jualan atau berdagang dan tempat ting­gal lainnya.

Terpisah,  saat ingin dikonfirmasi ke beberapa informasi kepemilikkan kendaraan belum dapat dilakukan.

Menurut informasi beredar, kendaran tersebut milik Pemerintah Provinsi Sumut. Belum diketahui nama pejabat pengguna kendaraan tersebut.

 

Kepala Biro Humas dan otoriter Provsu Ilyas Sitorus, yang berupaya dikonfirmasi via telefon di nomor selular 0811 602 XXX belum dapat terhubung.

Dilayangkan pesan singkat melalui Via Whatsapp belum juga menuai balasan hingga berita  ini diterbitkan.

Editor : Syarief

Jalan H Manaf Lubis (Gaperta Ujung), Kelurahan Kelurahan Tanjunggusta,Kecamatan Medan Helvetia, Kota Medan

No Telephone : 0877-6822-1959 | 061-8441466

Copyright © 2017 Bumantaranews.com, powered by Mahapalamultimedia

To Top