Daerah

Sekjend Gema Labura Ingatkan Pemkab Soal Pentingnya Peranan Mahasiswa

Teks Foto: Ketua Himmah Medan yang juga Sekjend Gema Labura Ilham Fauzi Munthe saat berikan sambutan dalam acara agenda pertemuan Pemkab Labura bersama mahasiwa asal Kabupaten Labura yang berkiah di Medan, Kamis (22/03/2018).Bumantara-Dian Gunawan

Medan-Bumantaranews: Pemerintah Kabupaten Labuhan Batu Utara (Labura) gelar agenda rutin pertemuan dengan Mahasiswa/Mahasiswi Se-Kabupaten Labuhan Batu Utara yang mengambil kuliah di Kota Medan.

Acara yang diadakan pada tahun ini bertempat di Auditorium Unimed, Kamis (22/03/2018) dengan mengangkat tema “Membentuk Mahasiswa yang Memiliki Tekat Dalam Berkarya dan Mengabdi Untuk Kemajuan Masyarakat”.

Acara pertemuan ini dihadiri oleh Bupati Labura H. Kharuddin Syah, SE., Wakil Bupati Labura Drs. Dwi Prantara, M.M., Rektor Unimed Prof. Syawal Gultom, Rektor UIN-SU yang diwakilkan oleh Wakil Rektor I Prof. Dr. Syafaruddin, M. Pd, Wakil Rektor II Unimed, Wakil Rektor III Unimed, Wakil Rektor IV Unimed, Direktur Program Pascasarjana Unimed, Seluruh Dekan di lingkungan kampus Unimed, Jajaran SKPD Pemkab Labura serta ratusan mahasiswa Labura yang mengikuti acara ini yang berasal dari beberapa kampus di medan seperti Unimed, USU, UIN-SU, UMN, dan kampus lainnya.

Acara diawali dengan pembacaan doa, dilanjutkan dengan tari persembahan Makan Sirih yang dibawakan oleh Himpunan Mahasiswa Labura dan kemudian dilanjutkan dengan laporan dari panitia pelaksana serta pembukaan dari Bupati Labura.

Dalam sambutannya, Bupati Labura mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Rektor Unimed yang telah berkenan memberikan auditorium untuk pertemuan agenda rutin pemkab labura yang dilaksanakn setiap tahunnya.

 

Pertemuan yang dimaksudkan untuk membangun grand desain kabupaten labuhan batu utara khususnya di bidang pendidikan dan diharapkan pertemuan tersebut semakin membangun suatu komunikasi yang produktif, inovatif dan sinergis.

”Saya yakin bila kita awali dengan kemauan, keikhlasan, kebersamaan, kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas dan kerja tuntas, cita-cita kita bersama untuk meningkatkan pelayanan dibidang pendidikan dapat terwujud” ungkap Bupati Labura H. Kharuddin.

Lanjutnya, H Buyung sapaan akrabnya juga berharap pada pertemuan kali ini dapat diperoleh sinergitas pemikiran, ide, gagasan, masukan, maupun saran yang konstruktif dari para narasumber dan para mahasiswa.

Rektor Unimed Prof. Syawal Gultom dalam paparan ilmiahnya mengatakan mahakarya seorang pemimpin adalah dapat menghasilkan generasi yang lebih darinya karena generasi yang baik yang dapat membangun bangsa ini.

”Generasi yang baik itu dapat dicapai dengan belajar baik itu belajar di rumah ataupun belajar di sekolah/kampus.” ujar Rektor Unimed.

Lanjut Prof Syawal mengatakan bahwa, pada tahun 2040 cara bekerja akan berubah karena itu yang harus dilakukan agar dapat bersaing pada tahun 2040 ada empat cara yang pertama adalah merubah cara pikir (way of thinking),

Kemdian, (2) way of working karena  cara bekerja pada tahun 2040 adalah cara bekerja yang berkolaboratif dan berkomunikasi, (3) tools of working menguasai skill yang sesuai bidangnya serta literasinya yaitu IT/IC karena semua pekerjaan akan digantikan dengan teknologi hal ini dibuktikan bahwa pada jaman sekarang gerbang tol tidak ada lagi penjaganya semua sudah diganti dengan kartu touch n go dan front liner di bank akan diganti dengan electronic banking karena itu untuk mengantisipasi hal tersebut diwajibkan menguasai IT,  dan yang terakhir adalah way of living yaitu bagaimana cara hidup di dunia dan bagaimana hidup sebagai bangsa indonesia.

Di akhir paparannya, Prof Syawal juga tak lupa mengingatkan, para mahasiswa setelah lulus, agar dapat membangun, memperbaiki kehidupan masyarakat di Labura baik di bidang ekonomi maupun pendidikan.

Diilokasi yang sama, Ketua Himmah Kota Medan Ilham Fauzi Munthe yang dalam sambutannya menngucapkan terima kasih terhadap Pemkab dan panitia yang diberikesempatan menyampaikan 6 poin utama mewakili mahasiswa yang berasal diri Kabupaten Laburan.

“Terima kasih atas kesempatan yang diberikan, zinkanlah saya menyampaikan beberapa poin mewakili mahasiswa di mimbar yang mulia ini. pertama saya ingin bercerita sedikit, pernah saya berdiskusi bersama tokoh tokoh mahasiswa daerah di kota medan ini, mereka mengatakan iri pada mahasiswa yang berasal dari Kabupaten Labura yang bisa melaksanakan kegiatan silaturahim setiap tahunnya”Kata Ilham yang juga merupakan Sekjend Gerakan Mahasiswa (Gema) Labura.

Ilham juga menyinggung besarnya perhatian Pemkab Labura terhadap putra-putri daerah yang melanjutkan pendidikan di Kota medan di berikan program beasiswa serta beasiswa MoU dengan PTN.

“Kegiatan silaturahim Pemkab dan mahasiswa asal Labura ini tercetus mulai pada tahun 2012 hingga saat ini sudah berjalan 7 tahun, dan saya menilai perubahan semangkin meningkat. Saya berterima kasih, kritik dan saran pada saat pertemuan di hotel soechi tahun 2015, saya beserta kawan kawan menginginkan pertemuan silaturahim ini alangkah lebih baiknya dilaksanakan dikampus kampus agar tidak membatasi mahasiswa hadir dan sekarang pertemuan ke 7 terlaksana”Jelasnya.

Kemudian, lanjut Tokeh sapaan akrabnya, mengharapkan Pemkab labura yang dipimpin bapak bupati H.Khairuddin Syah,SE mempertahankan dan meningkatkan mutu kualitas silaturahim ini.

Selain terjalinnya silahturahim, tampak Pemkab Labura membantu mempromosikan hasil karya mahasiswa putra puteri daerah seperti kue bolu dan kaligrafi hasil kreatifitas mahasiswa asal labura.

” Kami mengharapkan agar pertemuan tahun depan nya pemkab labura lebih memberdayakan potensi-potensi mahasiswa asal labura karena saya yakin mahasiswa/i labura sangat-sangat kreatif dan berpotensi. contoh bisa kita selenggarakan kegiatan seperti bazar dan penampilan potensi mahasiswa asal labura. “tegasnya.

Lebih lanjut, kata Ilham yang juga penggiat anti korulsi ini menyarankan, agar Pemkab Labura membangun mess di kota Medan. Karena mess bisa menjadi tempat bersilaturahim dan berdiskusi membicarakan tentang program-program atau potensi sumber daya alam labura untuk kemajuan pemkab labura serta tempat belajar menggali kreatifitas dan potensi mahasiwa/mahasiswi asal labura.

Selain itu, Ilham juga menyeruhkan seluruh mahasiswa/mahasiwi agar bersatu ikut membantu Pemkab memajukan Labura, karena tidak bisa kita pungkiri masih banyak lagi kekurangan di kabupaten Labura dan itu semua menjadi tugas dan tanggung jawab kita bersama selaku mahasiswa agent of change and control social.

Editor :Syarief Hidayat

Jalan H Manaf Lubis (Gaperta Ujung), Kelurahan Kelurahan Tanjunggusta,Kecamatan Medan Helvetia, Kota Medan

No Telephone : 0877-6822-1959 | 061-8441466

Copyright © 2017 Bumantaranews.com, powered by Mahapalamultimedia

To Top