Nasional

KY Apresiasi DPR Setujui Dua Calon Hakim ad hoc Hubungan Industrial di MA

Jakarta-Bumantara: Komisi III DPR RI menyetujui dua dari empat nama calon hakim ad hoc Hubungan Industrial yang diusulkan Komisi Yudisial (KY), Selasa (27/3).

Keduanya adalah Sugeng Santoso P.N. dari unsur Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) dan Junaedi dari unsur Serikat Pekerja/Serikat Buruh (SP/SB).

Menyikapi itu, Komisi Yudisial memberikan apresiasi atas persetujuan berdasarkan uji kelayakan dan kepatutan (fit and propers test) yang dilakukan Komisi III DPR.

Juru Bicara KY Farid Wajdi menilai, persetujuan ini kembali memberikan solusi terbentuknya satu majelis hakim Hubungan Industrial di MA yang terdiri dari 1 hakim karier dan dua hakim ad hoc yang baru saja terpilih.

“Keragaman hasil fit and proper test dalam bentuk persetujuan maupun penolakan terhadap calon yang diusulkan merupakan bukti parlemen kita menjalankan tugasnya dengan baik,” kata Farid.

KY menyatakan siap memenuhi catatan yang diberikan oleh Komisi III DPR RI terkait pemenuhan enam orang hakim ad hoc Hubungan Industrial di MA yang tersisa, di mana total kebutuhan di MA berjumlah delapan orang.

Hal ini mengingat pemenuhan kebutuhan hakim ad hoc Hubungan Industrial di MA semakin mendesak dan mempengaruhi tumpukan jumlah perkara hubungan industrial di MA.

“Kebutuhan hakim ad hoc Hubungan Industrial di MA harus segera diisi karena waktu penyelesaian perkara maksimal adalah 30 hari sejak kasasi diajukan,” imbuh Farid.

KY berkomitmen untuk mengutamakan aspek kapasitas dan integritas sebagai standar penting. Selain itu, KY akan berupaya memenuhi keterwakilan dari unsur Apindo dan SP/SB dalam proses seleksi ini.

Editor: Renggo

Jalan H Manaf Lubis (Gaperta Ujung), Kelurahan Kelurahan Tanjunggusta,Kecamatan Medan Helvetia, Kota Medan

No Telephone : 0877-6822-1959 | 061-8441466

Copyright © 2017 Bumantaranews.com, powered by Mahapalamultimedia

To Top