Medan-Bumantara: Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Pujakesuma dan DPD Pujakesuma 17 kab/kota di Sumatera Utara mendeklarasikan dukungan ke pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut Nomor urut 1, Edy Rahmayadi dan Musa Rajekshah (Eramas).

“Alasan dukungan Pujakesuma ke Eramas adalah karena kami ingin Sumut berubah dan bermartabat. Hari ini kami deklarasikan dukungan kepada Edy-Ijeck, kami yakin keduanya akan memajukan warga Sumut dan juga warga suku Jawa di Sumut,” ujar Bendahara Umum DPW Pujakesuma, Syamsul Bahri beserta pengurus lainnya, di Hotel Madani, Jalan Sisingamangaraja, Medan, Sabtu (7/4/2018).

Dia menyebutkan sebelumnya juga ada deklarasi dukungan yang memakai nama Pujakesuma kepada pasangan calon lain, yang membuat seolah Pujakesuma terbelah.

Padahal dari akar rumput Pujakesuma yang diwakili 17 kabupaten/kota dan kecamatan-kecamatan, solid memenangkan Edy Rahmayadi dan Musa Rajekshah.

“Di tingkat elit sempat menyatakan dukungan ke pasangan yang lain, namun suara warga Pujakesuma di bawah, tidak mau ke sana. Setelah konsolidasi dengan kab/kota semua malah meminta Pujakesuma mendukung Eramas. Makanya, kami siap mendukung sepenuhnya,” tambahnya.

Mewakili Pujakesuma di 17 Kabupaten/kota, AKBP (Purn) Sudjarno mengatakan, warga Pujakesuma di Sumut mendukung putra Jawa kelahiran Sumatera yakni Edy Rahmayadi menjadi Gubsu.

Dia menilai dukungan yang sebelumnya dideklarasikan Suratman untuk pasangan lain tidak merepresentasikan warga Pujakesuma.

“Di 17 Kabupaten/kota dan beberapa kecamatan, kita sudah berkonsolidasi mendukung Eramas, kami ingin putra daerah yang memimpin Sumut. Kita bersatu mendukung nomor satu,” ucap Ketua DPD Pujakesuma Labuhanbatu Selatan ini.

Sementara Hj Rukmawaty isteri dari Haji Raden Sugiyono (Pendiri Pujakesuma), mengaku heran dengan oknum yang menggunakan Pujakesuma untuk kepentingan pribadi.

“Pujakesuma ini milik warga Pujakesuma. Bukan milik ketua nya,” katanya.

Pujakesuma didirikan pada 1983, yang oleh Presiden Soeharto waktu itu, dibuat sebagai wadah orang Jawa yang lahir atau bermukim di Sumatera.

“Catat, lahir di Sumatera. Jadi bukan putra Jawa yang keluyuran di Sumatera. Makanya, warga Pujakesuma harus mendukung Edy Rahmayadi yang Pujakesuma, karena ibunda Edy itu orang Jawa Deli,” katanya.

Mantan Ketua DPW Pujakesuma Sumut, Brigjen TNI (Purn) DR Ahwan Asmadi meyakini Pujakesuma memiliki visi dan misi yang sama dengan Eramas. Ia mengucapkan terimakasih pada pengurus Pujakesuma yang turut mendukung Eramas dalam Pilgubsu Juni mendatang tersebut.

“Pujakesuma bukan punya pribadi tapi punya warga suku Jawa yang ada di Sumatera. Pujakusuma bukan partai politik melainkan paguyuban, himpunan rakyat Jawa yg ada di Sumatera. Kami ingin membantu Edy Rahmayadi yang notabene merupakan seorang Pujakusuma (Putra Jawa Kelahiran Sumatera),” tegas Ahwan yang juga Ketua Tim Relawan ERAMAS.

Editor: Rakyat Asril

Jalan H Manaf Lubis (Gaperta Ujung), Kelurahan Kelurahan Tanjunggusta,Kecamatan Medan Helvetia, Kota Medan

No Telephone : 0877-6822-1959 | 061-8441466

Copyright © 2017 Bumantaranews.com, powered by Mahapalamultimedia

To Top