Sidimpuan-Bumantara: Kesbangpol Kota Padang Sidimpuan menggelar Sosialisasi Bahaya Narkoba di gedung Pertemuan Kantor Camat Padang Sidimpuan Utara, Selasa (17/4).

Dalam kegiatan itu, Kesbangpol Kota Padang Sidimpuan menggandeng dua lembaga swadaya masyarakat (LSM) yang memiliki konsentrasi di bidang perlawanan terhadap narkoba, yaitu Satgas Anti Narkoba (SAN) dan Gerakan Nasional Anti Narkoba (Granat).

Selain itu, Kasat Narkoba Polres Kota Padang Sidempuan AKP CJ. Panjaitan dan anggota DPRD H Marataman Siregar juga turut dilibatkan oleh Kesbangpol.

Dalam pemaparan, AKP CJ Panjaitan menjelaskan hukum-hukum yang tertuang dalam Undang-Undang tentang bahaya dan penindakan terhadap penyalahgunaan narkoba.

Granat yang pada saat itu diwakili Sekretaris Granat Kota Padang Sidimpuan Ady Syahputra Husni menjelaskan bahwa pihaknya akan menjadi garda terdepan untuk mendampingi masyarakat agar terbebas dari pengaruh jahat narkoba.

Begitu juga dengan SAN, yang diwakili oleh Ketua SAN Kota Padang Sidimpuan Muhammad Asroi Saputra. Ia juga menjelaskan betapa pentingnya kerja sama yang kuat antar lembaga terkait untuk memerangi narkoba, khusunya dalam melaksanakan UU No. 35 tahun 2009.

“Ke depan nantinya perlu diterbitkan Perda khusus tentang Narkoba dan keharusan pasangan calon yang menikah terlebih dahulu harus bebas dari narkoba, dan ini jelas akan mempersempit ruang lingkup narkoba tambahan dari beliau,” katanya.

Menutup pemaparannya, Asroi menyebutkan bahwa aplikasi Cintai Keluarga Jauhi Narkoba (CERIA) yang merupakan ciptaan dari SAN merupakan salah satu solusi untuk mempermudah perlawanan terhadap narkoba.

“Salah satu solusi untuk melayani korban penyebaran dan penyalahgunaan narkoba, adalah meluncurkan aplikasi CERIA. Dengan fitur andalan CERIA, masyarakat dapat melaporkan kasus narkoba dimanapun dengan identitas pelapor dirahasiakan,” jelasnya.

Sebelum kegiatan ditutup, Marataman sebagai legislator menyebutkan dirinya telah menyerap seluruh aspirasi yang muncul dalam sosialisasi tersebut dan siap untuk menindaklanjutinya.

Editor: Renggo

Jalan H Manaf Lubis (Gaperta Ujung), Kelurahan Kelurahan Tanjunggusta,Kecamatan Medan Helvetia, Kota Medan

No Telephone : 0877-6822-1959 | 061-8441466

Copyright © 2017 Bumantaranews.com, powered by Mahapalamultimedia

To Top