Medan-Bumantara: Pengprov Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Sumut menggelar Kejurda 2018 yang berlangsung Sabtu (30/6) dan dipusatkan di kompleks Stadion Mini Rajamin Purba Jl. Sangnawaluh, Kec. Siantar. Kab. Simalungun.

Ketua ISSI Sumut H Akbar Himawan Buchari SH mengatakan, kejurda diikuti semua 17 utusan Pengcab/Pengkot ISSI Sumut yang ada di daerah ini.

“Kejurda utamanya untuk menjaring atlet-atlet yang akan kita bina untuk bersaing ke kejurnas 2018 dan seterusnya dipersiapkan ke PON XXI yang akan digelar di Papua 2020 nanti,” sebut Akbar Buchari di hadapan wartawan di Saka Premier Hotel, Medan, Senin (25/6).

“Kita gembira atas antusias peserta mengikuti kejurda, karena saat ini sudah tercatat 121 pebalap memastikan turun. Hal ini kembali menunjukkan bahwa Sumut memang merupakan gudang atlet-atlet balap sepeda,” papar Ketua ISSI Sumut.

“Kita harapkan, kejurda tidak hanya melahirkan pebalap-pebalap terbaik dan potensial. Tetapi juga memicu gairah balap sepeda hingga di seluruh Kab/Kota di Sumut, sebagai salah satu harapan kita yang tertuang dari hasil rakerda 2018 lalu,” ungkap Akbar didampingi Ketua Panpel Kejurda 2018 Besi Pane dan jajaran pengurus ISSI Sumut di antaranya Irliansyah Putra, Johan, M Yudha, serta Humas Aswin Hutajulu dan Hidayat.

Akbar menyebut, kejurda 2018 merupakan wujud dari keseriusan ISSI Sumut dalam memajukan balap sepeda, di mana lewat event ini para pebalap bisa terakomodir bakat dan talenta mereka. “Selain tentunya untuk menginventarisir atlet ke pelatda guna persiapan kejurnas dan PON,” ucapnya.

“Lewat kejurda kita juga ingin menggenjot kesiapan infrastruktur. Kenapa di gelar di Simalungun, antara lain untuk menggedor daerah lain, agar nantinya juga bisa juga punya fasilitas seperdi di daerah ini. Dan efeknya sudah terasa, karena beberapa daerah seperti Medan saat ini sudah mempersiapkan trek untuk balap sepeda,” terang Bendahara DPD Golkar Sumut ini.

Kejurda ISSI 2018 memperlombakan katagori BMX Supercross yakni nomor Challenge Boy (14-15 tahun), Junior Man (16-17 tahun), dan Man Elite (18-19 tahun), katagori MTB-XCO dengan nomor Junior Man (16-19 tahun) dan Man Elite (Bebas).

Untuk katalegori Road-ITT memperlombakan kelas Junior Man (16-19 tahun) mengambil rute melintasi jalan utama di Kecamatan Siantar dengan jarak 25 km. Selain memperebutkan Piala Bergilir Ketua ISSI Sumut, untuk para juara juga disiapkan medali dan uang pembinaan dengan total hadiah puluhan juta rupiah.

“Kejurda dirangkai test event down hill, salah satu nomor di katagori MTB yang digelar 8 Juli di Taman Tahura Bike Park Brastagi, Kab. Tanahkaro, di mana di sana kita juga sudah punya trek sepanjang 1,2 km. Memang, di kejurda ini kita coba mengakomodir semua nomor yang ada di balap sepeda,” tutup Akbar Buchari.

Editor: Renggo

Jalan H Manaf Lubis (Gaperta Ujung), Kelurahan Kelurahan Tanjunggusta,Kecamatan Medan Helvetia, Kota Medan

No Telephone : 0877-6822-1959 | 061-8441466

Copyright © 2017 Bumantaranews.com, powered by Mahapalamultimedia

To Top