Kisaran-BUMANTARA:  Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara di Kabupaten Asahan naik hanya 7 % (persen)  dibanding dengan sebelumnya. Hal ini dikarenakan sikap apatis masyarakat untuk memilih masih cukup tinggi.

“Dilihat dari data C1 yang sudah discanning ke KPU RI, jumlah daftar pemilih tetap (DPT) 488.642 orang, brrkisar 61 persen. Naik hanya 7 persen dibanding Pilgubsu lima tahun yang lalu dengan persentase pemilih 54 persen,”  ujar Komisioner Devisi Teknis KPUD Asahan, M. Yusuf Sinambela didampingi Devisi SDM dan Partisiapsi Masyarakat Anawinta Siagian kepada wartawan (2/7/18) di kantor KPU Kab. Asahan.

Menurut Yusuf, KPUD Asahan belum merasa puas dengan persentase pemilih yang naik hanya 7 persen tersebut di Kabupaten Asahan.

“Upaya yang kami lakukan sudah semaksimal mungkin untuk sosialisasi Pilgubsu ke masyarakat, tiada hari tanpa sosialisasi, harapan kami agar bisa mencapai target persentase pemilih dari KPU RI sebesar 77,5 % (persen),” ujar Yusuf.

Disamping itu, Yusuf juga sangat menyayangkan sikap apatis masyarakat di Kabupaten Asahan terhadap pelaksanaan Pilgubsu 2018.

 

“Berdasarkan hasil pantauan, kami masih menemui sikap cuek masyarakat akan Pilgubsu, sementara partisipasi tersebut sangat diharapkan untuk menentukan pemimpin Sumatera Utara lima tahun kedepan,” jelasnya.

Yusuf juga mengatakan, saat ini rekapitulasi hasil perhitungan suara di tingkat  Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) sudah selesai dan sudah dikirim ke KPUD Asahan.

“Kami akan lakukan rekapitulasi penghitungan kembali hasil rekap jumlah suara Pilgubsu dari tingkat PPK, yang akan mulai dilaksanakan pada 4 Juli 2018 sampai batasan akhir tanggal 6 Juli 2018 untuk dikirim hasilnya ke KPU Sumut,” tambah Yusuf.

Sementara Ketua KPUD Asahan Darwis Sianipar tidak berada di Kantor KPUD Asahan ketika akan dikonfirmasi terkait pelaksanaan Pilgub di Kabupaten Asahan.

Ketika dihubungi, Ketua KPUD Asahan tersebut menyebutkan bahwa ia sedang berada si Medan.

“Saya sedang di Medan” katanya

Menurut Komisioner lainnya tidak mengetahui keberadaan Darwis Sianipar di Medan.

“Kami tidak tahu di mana beliau (Darwis Sianipar), tadi kami lihat masih ada di kantor,” ujar Ketua  Devisi SDM dan Partisiapsi Masyarakat Anawinta Siagian kepada wartawan,Senin (2/6/18).

“Memang ada kami dengar beliau akan mengikuti ujian Physico Test di Medan,” lanjutnya.

Penulis : Otti Batubara

Editor : Renggono

Jalan H Manaf Lubis (Gaperta Ujung), Kelurahan Kelurahan Tanjunggusta,Kecamatan Medan Helvetia, Kota Medan

No Telephone : 0877-6822-1959 | 061-8441466

Copyright © 2017 Bumantaranews.com, powered by Mahapalamultimedia

To Top