Medan

Hut Ke- 58, PT Jasa Raharja Persero Kerja Nyata Membangun Negeri

Teks Foto : PT Jasa Raharja Persero Sumatera Utara (Sumut) foto bersama dihalaman kantor Cabang Propinsi Sumatera Utara di Jalan Jend. Gatot Subroto, No.142, Medan, Rabu (2/1/2019).Bumantara-Otti Batubara

Medan- Bumantara : Memperingati hari ulang tahun yang ke 58, PT Jasa Raharja Persero Sumatera Utara (Sumut) menggelar upacara dihalaman kantor Cabang Propinsi Sumatera Utara di Jalan Jend. Gatot Subroto, No.142, Medan, Rabu (2/1/2019).

PT Jasa Raharja Persero Sumut juga  mengundang awak media untuk liputan kegiatan tersebut.

 

Pada jam 08.00 Wib di seputaran kantor sudah ramai terlihat hadir, baik pegawai maupun pensiunan serta undangan lainnya. Mulai dari depan hingga di halaman dalam kantor terlihat berderet papan bunga ucapan selamat yang sudah tertat dengan baik.

Terlihat pernak-pernik ulang tahun menghiasi setiap sudut pelataran gedung, kemudian para pegawai berbaris melaksanakan gladi resik sebelum upacara dimulai.

Tepat pukul 08.30 wib upacara dimulai dan dipimpin oleh Kepala Cabang Sumut, Ifriyantono, ada  beberapa tahapan upacara, antara lain dengan membaca tata tertib acara kemudian menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Sesi berikutnya pemberian penghargaan kepada enam pegawai Jasa Raharja yakni Rusmini (Penanggung Jawab Samsat), Sahat Mauliate Sitompul S.Sos (Penanggung Jawab Kantor Pelayanan), Pahala Sitorus, SE (Kasubag SDM dan Umum), Hamzah Arridoh, S. Sos (Penanggung Jawab Bidang Tekhnik), Yendri Anda Famela, S.Si (Kasubag  Iuran), Indryo Wahyuno Sadjianto, SE (Penanggung Jawab Samsat Medan Utara).

Kata sambutan Direktur Utama Jasa Raharja dibacakan oleh Kepala  Cabang Sumut, Ifriyantono dan  terakhir ditutup dengan do’a yg dibawakan oleh salah seorang pegawai.

Selesai upacara dilanjutkan dengan foto bersama seraya memegang balon dan melepaskannya. Kemudian undangan diarahkan naik untuk sarapan pagi bersama serta melanjutkan acara seremonialnya.

Kepala Cabang (Kacab) PT Jasa Raharja Persero Sumut, Ifriyantono di lantai IV mengucapkan terimakasih kepada awak media yang telah hadir pada perayaan HUT PT Jasa Raharja Persero yang ke 58 tahun, dan lanjutnya mengatakan bahwa ditahun 2018 PT Jasa Raharja Sumut telah membukukan laba sebesar 1,6 Triliun.

“Walaupun adanya kenaikan jumlah nilai santunan, tetapi hal ini tidak berlaku di Sumatera Utara (Sumut) atau beberapa cabang yang lainnya.

Khusus untuk Cabang Sumut, pada tahun 2018 lalu merupakan tahun yang paling sulit dan hal ini menjadi sejarah Jasa Raharja Cabang Sumut khususnya selama 58 tahun bahwa jumlah sumbangan wajib dan iuran wajib yang kita himpun dari masyarakat itu tidak mampu untuk menutup dana santunan yang kita berikan kepada para korban kecelakaan lalu lintas di wilayah Sumut,” jelas Ifriyantono.

Lebih lanjut Ifriyantono menjelaskan bahwa secara nasional cabang yang terbesar itu salah satunya adalah Cabang Sumut lalu Papua, dan ada beberapa cabang type kecil lainnya.

Ada tujuh cabang yang pada tahun 2018 lalu, jumlah sumbangan dan iuran wajib yang dihimpun dari masyarakat tidak mampu untuk menutup dana santunan kepada korban kecelakaan lalu lintas.

Ada beberapa kondisi, khusus saya sampaikan untuk di cabang Sumut bahwa kekurangan dana ini terpaksa di subsidi oleh daerah lain sampai senilai 30 miliar. Kenapa sampai terjadi seperti ini ?. Hal pertama adalah bahwa sumbangan dan iuran wajib dikumpulkan dari masyarakat tidak mampu menutupi, karena sesuai dengan data historis wilayah Sumut bahwa sumbangan wajib ini baru mampu terkumpul berkisar 45% dari seluruh total kendaraan yang ada di wilayah Sumut, dapat dikatakan bahwa pemilik kendaraan di Sumut yang mendaftar di Kantor Samsat di bawah 50%, dan ini bisa di konfirmasi di BP2RD maupun di Kepolisian.

Nilai santunan yang sudah dibayarkan cabang Sumut kepada para korban kecelakaan lalu lintas ini naik sekitar 30%, jika dibandingkan dengan tahun lalu. Jika tahun 2017 santunan 144 miliar tapi untuk tahun 2018 menembus angka 188,9 miliar artinya dari nilai santunan sudah kelihatan meningkat, ini disebabkan jumlah korban kecelakaan yang disantuni oleh Jasa Raharja pada tahun 2018 lebih banyak, apakah ini menandakan bahwa korban kecelakaan lalu lintas di Sumut meningkat naik itu perlu dikonfirmasi oleh kepolisian, karena Jasa Raharaja membayar santunan ini berdasarkan laporan dari kepolisian.

Tidak mungkin tanpa adanya laporan polisi Jasa Raharja membayar santunan kecelakaan. Dapat dipastikan yang dibayar oleh Jasa Raharja adalah para korban kecelakaan yang yang sudah ditangani oleh pihak kepolisian.

Penyebab lainnya adalah per Juni tahun 2017 memang nilai santunan Jasa Raharja berdasarkan peraturan Menteri Keuangan No.15 Tahun 2017 naik 100%, santunan sebelumnya jika meninggal dunia mendapat Rp 25 juta naik menjadi Rp 50 juta, biaya santunan perawatan yang dulunya hanya 10 juta sekarang naik menjadi Rp 20 juta. Ini juga salah satu variable atau faktor yang menyebabkan kenaikan nilai santunan Jasa Raharja secara Nasional khususnya di Sumut.

Jadi secara potensialnya Jasa Raharja Cabang Sumut ini tidak harus di subsidi oleh daerah lain. Karena tingkat kesadaraan pemilik kendaraan bermotor sangat minim untuk membayar pajak, perlu diupayakan sosialisasi dan ini merupakan tantangan bagi Jasa Raharja sebagai salah satu unsur pembina di Samsat wilayah Sumut.

“Makanya di Tahun 2019 ini adalah tantangan buat kita di Sumut dari sektor pendapatan bagaimana untuk meningkatkan kesadaran para pemilik kendaraan bermotor agar mendaftar ulang kenderaannya “ujar Ifriyantono.

“Sambutan tertulis dari Direktur Utama bahwa kita di haruskan bertransformasi melalui digital sesuai dengan era saat ini yang sudah serba digital, karena dengan pelayanan digital ini secara online kita berharap masyarakat pemilik kendaraan bisa terlayani dengan baik, mulai dari kecepatannya, kemudahannya dan lain sebagainya. Bisa jadi pemilik kendaraan bermotor tidak mau mendaftar ulang karena merasa kesulitan pada saat mendaftar,” sebut Ifriyantono.

Penulis : Otti Batubara

Editor : Syarief

Jalan H Manaf Lubis (Gaperta Ujung), Kelurahan Kelurahan Tanjunggusta,Kecamatan Medan Helvetia, Kota Medan

No Telephone : 0877-6822-1959 | 061-8441466

Copyright © 2017 Bumantaranews.com, powered by Mahapalamultimedia

To Top