Medan-Bumantara: Persoalan bahasa sangat erat kaitannya kehidupan. Apalagi bila menyangkut peradilan dimana bahasa menjadi sangat penting bagi data-data forensik.

Demikian salahsatu pembahasan kuliah umum “Linguistik Forensik di Era Revolusi Industri 4.0” yang digelar Program Studi Sastra Inggris Fakultas Ilmu Budaya USU, Jumat (4/1/2019).

Ketua Prodi Sastra Inggris FIB USU Prof T. Silvana Sinar, MA, PhD menuturkan, begitu banyak fenomena bahasa yang berkaitan dengan forensik. Terutama dalam persidangan.

Kata Silvana, hal ini tentunya menuntut para ahli linguistik untuk dapat mendalami linguistik dalam hal peradilan dan penegakan hukum.

“Bahasa sangat penting untuk data-data forensik, bagaimana meneliti bahasa dari dokumen legal, bagaimana cara meneliti bahasa hukum, serta meneliti bahasa-bahasa di persidangan,” sebut Silvana.

Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat membuka wawasan dan pemikiran mahasiswa terkait ilmu linguistik khususnya dalam hal forensik.

“Ke depan kegiatan ini akan kita lanjutkan, rencana tahun ini 4 kegiatan lainnya seperti seminar, kuliah umum, pelatihan yg berkaitan dengan bahasa sastra dan budaya, Ini agenda rutin tahunan,” ujarnya.

Silvana Sinar Kaprodi Sastra Inggris USU

Kegiatan yang diselenggarakan di ruang C Gedung Pusat Bahasa USU ini juga menghadirkan Susanto Saman S.S, M.Hum, Ph,D sebagai pembicara.

Susanto membahas faktor sosial budaya dalam penegakan hukum.

Dalam pemaparannya, Susanto mengungkapkan keadaan sosial budaya masyarakat memiliki intervensi besar dalam penegakan hukum di Indonesia.

Menurutnya, hal ini memunculkan sebuah dilema bagi penegak hukum dalam mengambil keputusan.

“Seharusnya kita menjadikan hukum sebagai panglima, dan menindak pelaku pelanggaran sesuai undang undang yang berlaku, namun fakta yang sering terjadi bukan begitu,” ungkapnya.

Maka dari itu, Susanto melanjutkan bahwa peristiwa intervensi yang melibatkan budaya harus menjadi bahan kajian bagi para akademisi.

“Di sini lah upaya kita dalam kajian linguistik forensik ini agar kita dapat membongkar hal hal secara itu sambungnya,” tukasnya.

Editor: Rakyat Asril

Jalan H Manaf Lubis (Gaperta Ujung), Kelurahan Kelurahan Tanjunggusta,Kecamatan Medan Helvetia, Kota Medan

No Telephone : 0877-6822-1959 | 061-8441466

Copyright © 2017 Bumantaranews.com, powered by Mahapalamultimedia

To Top