Delegasi Gerbrak ke Kantor Lurah Besar. Foto/ist

Medan-Bumantara: Aksi demonstrasi warga Martubung Medan Labuhan menyoal kerusakan jalan memasuki babak baru.

Setelah pertemuan dengan kepolisian, perusahaan dan pemerintah, kini warga mulai menyelidiki perizinan sejumlah perusahaan yang pengangkutannya berdampak pada jalan rusak tersebut.

Menindaklanjuti itu, warga diwakili Kordinator Gerbrak, Saharuddin pada Jumat (8/2/2019) berdelegasi ke Kelurahan Besar, Kecamatan Medan Labuhan.

Saharuddin menjelaskan delegasi ditempuh setelah berdialog dengan Tim Sat Intelkam Polres Belawan pada Kamis 7 Februari 2019.

“Rencana pada Jumat tadi mau kembali aksi turun ke jalan. Namun setelah berdialog dengan kepolisian, maka ditempuh untuk berdelegasi ke pihak kelurahan,” kata Saharuddin.

Delegasi untuk menyelidiki dokumen perizinan sejumlah perusahaan pergudangan dan industri di kawasan Jalan Pancing 1 Martubung Kelurahan Besar.

Dari delegasi itu diperoleh keterangan bahwa Camat Medan Labuhan sudah menyurati Dishub Medan agar memasang rambu tonase di Jalan Pancing 1 Kelurahan Besar.

“Tonase tidak bisa melebihi 8 ton kecuali untuk keperluan masyarakat misalnya pembangunan rumah ibadah. Ini tinggal menunggu jawaban dari Dishub Medan,” kata Lurah Besar, Tengku Robi Chairi.

Jika rambu sudah terpasang, sambung Robi, pihak kepolisian akan rutin menggelar razia penganhkutan yang melebihi tonase.

Begitu juga legalitas perizinan truk dan pengangkutan tersebut. “Sedang berkonsultasi dengan Dishub Medan,” kata Robi.

Sebelumnya pada aksi 29 Januari 2019 warga menyoal kerusakan jalan yang sebagian besar diduga disebabkan pengangkutan perusahaan yang melebihi tonase lewat di jalan tersebut. Warga juga menyindir ketiadaan kepedulian perusahaan terhadap lingkungan sekitar.

“Ada beberapa perusahaan terindikasi tak berizin di kawasan itu. Kemudian ada pengangkutan yang truknya melampaui ketentuan tonase dari Dishub Medan. Warga menuntut perusahaan bodong di sana segera cabut dari kawasan pemukiman warga,” kata Saharuddin.

Salah satu perusahaan yang menjadi curahan kekesalan warga di sana adalah PT Musim Mas Martubung.

Atas aksi itu, pada 31 Januari 2019 telah dilaksanakan pertemuan di Balai Kelurahan Besar Kecamatan Medan Labuhan atas inisiasi Kapolsek Medan Labuhan dihadiri Lurah Besar, Camat Medan Labuhan Arrahman Pane, warga dan sejumlah perwakilan perusahaan.

Editor: Rakyat Asril

Jalan H Manaf Lubis (Gaperta Ujung), Kelurahan Kelurahan Tanjunggusta,Kecamatan Medan Helvetia, Kota Medan

No Telephone : 0877-6822-1959 | 061-8441466

Copyright © 2017 Bumantaranews.com, powered by Mahapalamultimedia

To Top