Politik

Jelang Pencoblosan, JAMSU Istigosah Serentak di 1.000 Masjid Kota Medan

Dari kanan ke kiri 1. Dr Solahudin Harahap, MA (Ketua Forum Santri Nasional sumut), 2. Ketua JAMSU Muhammad Ikhyar velayati, SH, KH Drs. Muhiddin Maskur (ketua Komisi Fatwa MUI Medan), paling Kiri Ustaz Drs Lukmanul Hakim,.M.Pdi (pengurus NU Sumut) beberapa waktu lalu. Foto/ist

Medan-Bumantara: Jaringan Amar Ma’ruf Sumatera Utara (JAMSU) akan mengadakan kegiatan istighosah serentak di 1.000 masjid di Kota Medan. Istigosah direncanakan diikuti omasyarakat sekitar masjid Kota Medan pada 17 April 2019 dini hari demi terlaksananya gelaran pesta demokrasi pilpres & pileg yang aman, damai dan terbebas dari hoax dan fitnah.

Rencana itu disampaikan Ketua JAMSU Muhammad Ikhyar Velayati Harahap, SH di Sekretariat JAMSU Jalan Letda Sujono no 37 Medan, Kamis (28/3).

Dikatakannya, Istigosah sudah direncanakan jauh hari tepatnya pasca Seminar Nasional Gerakan 1000 Dai Berkarakter Kebangsaan dan Deklarasi JAMSU di GOR Mini Futsal di Jalan Pancing pada awal Januari 2019.

“Para Da’i berharap pemilu yang demokratis, terbebas dari hoax dan fitnah,” jelas Ikhyar.

Ikhyar mengatakan kegiatan Istighosah serentak pada 17 April 2019 mulai pukul 03.00-08.00 wib ini diisi dengan berbagai berbagai kegiatan hingga siang menjelang pencoblosan.

“Mulai dari berdoa bersama para jama’ah agar pesta demokrasi berjalan aman, damai, lancar , bebas dari hoax dan fitnah serta melahirkan persatuan dan kesatuan bangsa yang lebih solid lagi paska Pilres, kemudian dilanjutkan dengan sholat shubuh berjama’ah pembacaan tahlil dan shalawat asyqhil, dilanjutkan dengan tausiyah ustaz dan dengan sholat dhuha serta makan bersama dan silaturahmi,” kata Ikhyar.

Setelah itu sambung Ikhyar, secara bersama sama pergi ke TPS untuk melaksanakan hak demokratis serta bersama sama menjaga suasana nyaman dalam pesta demokrasi tersebut.

Ikhyar menjelaskan , 1.000 ustaz yang tergabung dalam Jaringan Amar Ma’ruf Sumatera Utara akan menjadi inisiator sekaligus mengisi tausiyah dalam kegiatan istighosah serentak tersebut.

Salah satu rekomendasi yang disepakati oleh perwakilan 1000 Da’i dalam menyikapi pilpres adalah membuat suasana sejuk dan nyaman menjelang pesta demokrasi 5 tahunan tersebut, untuk itu 1000 Da’i akan berkordinasi dengan BKM ( Badan Kenaziran Mesjid) untuk membuat istighosah serentak di semua mesjid Kota Medan.

Ikhyar juga berharap ke depan agar strategi dan taktik politik hoax tidak digunakan lagi dalam setiap peristiwa atau momentum politik apapaun karena dampaknya bisa membelah persatuan dan kesatuan bangsa.

“Sudah cukuplah momentum politik Pilkada DKI 2017, Pilkada Sumut 2018 serta Pilpres 2019 masyarakat disuguhi dengan politik hoax dan fitnah. Kita berharap ke depan para politisi dan partai politik mengedepankan politik yang santun serta menawarkan program pembangunan untuk mengambil hati para pemilih,” tukas Ikhyar.

Editor: Renggo

Jalan H Manaf Lubis (Gaperta Ujung), Kelurahan Kelurahan Tanjunggusta,Kecamatan Medan Helvetia, Kota Medan

No Telephone : 0877-6822-1959 | 061-8441466

Copyright © 2017 Bumantaranews.com, powered by Mahapalamultimedia

To Top