Medan

Tinjau UPT Rumah Sakit, Wagub Sumut Harapkan Pelayanan Pasien Ditingkatkan

Medan – Bimantara – Wakil Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Musa Rajekshah meninjau Unit Pelayanan Terpadu Rumah Sakit Khusus Mata (RSKM) Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) di Jalan Kapten Sumarsono, Helvetia dan UPT RS Khusus Paru Pemprov Sumut, Jalan Asrama, Medan, Senin (6/5).

Dalam peninjauan itu, Wagub Sumut mengharapkan UPT bisa meningkatkan pelayanannya bagi pasien. Hal tersebut harus dilakukan karena sesuai dengan visi dan misi Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara yakni peningkatan pelayanan kesehatan.

“Kita ingin kesehatan masyarakat Sumatera Utara harus meningkat, masyarakat harus lebih sehat, pelayanan harus kita tingkatkan lebih baik lagi, sarana dan prasarana harus kita perhatikan betul,” ujarnya.

Mengenai fasilitas bagi pasien, Wagub mengatakan hal tersebut harus menjadi perhatian baik oleh UPT maupun OPD terkait. Selain itu, fasilitas seperti ruang operasi juga diharapkan bisa higienis karena menyangkut pasien.

“Ini hal penting diperhatikan, peralatan medis juga harus higienis,” katanya.

Wagub menjelaskan, tenaga ahli dokter yang dimiliki UPT seperti UPT RSKM Pemprov Sumut sudah baik. Meski begitu, mengharapkan hal itu tetap ditingkatkan.

“Supaya dokter kita handal menangani segala macam penyakit yang menjadi keluhan masyarakat,” ujarnya.

“Saya yakin kita mampu menjadi yang terbaik, tergantung bagaimana komitmen kita,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Wagub juga menandatangani komitmen bersama Dinas Kesehatan Provsu dengan UPT RS Khusus Mata (RSKM) yang dipampangkan pada kain rentang (spanduk) dalam rangka peningkatan mutu kualitas pelayanan dan akreditasi rumah sakit.

Tidak hanya menandatangani komitmen tapi Wagub juga menuliskan kalimat; “Tingkatkan Pelayanan dan Jaga Kebersihan.”

Kepala UPT RSKM Pemprov Sumut, Rehulina Ginting mengatakan RS Khusus Mata telah berdiri selama 2 tahun.

Dikatakannya UPT tersebut memiliki keunggulan di bidang laser. Oleh karena itu, ia mengharapkan kunjungan pasien ke RS Khusus Mata Pemprov Sumut dapat meningkat lagi.

Selanjutnya Wagub Sumut meninjau UPT RS Khusus Paru Pemprov Sumut, yang berada di Jalan Asrama Medan.

Dalam kesempatan itu, dia mengatakan keberadaan UPT RS Khusus Paru diharapkan bisa menekan jumlah pasien penyakit paru, khususnya TBC yang ada di Sumatera Utara.

“Kita inginkan angka pengidap TBC bisa kita tekan. Apalagi saat ini kita memiliki RS Khusus Paru, ke depan peningkatan pelayanan kesehatan dan tenaga medis yang ada bisa mengurangi angka pengidap TBC,” katanya.

Mengenai UPT RS Khusus Paru Pemprov Sumut, Wagub mengatakan akan memikirkan tentang rencana penempatanrumah sakit tersebut.

Menurutnya lahan rumah sakit saat ini tidak memadai untuk standar rumah sakit.

“Ke depan akan kita pikirkan, dan akan kita rencanakan untuk penempatan rumah sakit yang baru ataukah bergabung dengan rumah sakit haji yang berada di bawah Pemprov Sumut ataukah membuka area baru,” katanya.

Sementara kepada ASN yang berada di UPT tersebut, Wagub berpesan agar dapat bekerja dengan sepenuh hati dan bertanggung jawab pada pekerjaannya.

“Saya minta Anda bekerja sesuai pekerjannya masing-masing, dan terus berkoordinasi, tidak bisa jalan sendiri-sendiri,” pesannya.

Kepala Dinas Kesehatan Sumut, Agustama yang ikut mendampingi Wagub Sumut mengatakan, UPT Dinas Kesehatan seperti rumah sakit dan sebagainya bisa melakukan pelayanan prima. Meski begitu menurutnya banyak yang harus dibenahi agar bisa lebih meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. (Ingot)

Editor: Ingot Simangunsong

Jalan H Manaf Lubis (Gaperta Ujung), Kelurahan Kelurahan Tanjunggusta,Kecamatan Medan Helvetia, Kota Medan

No Telephone : 0877-6822-1959 | 061-8441466

Copyright © 2017 Bumantaranews.com, powered by Mahapalamultimedia

To Top