Politik

Usung Konsep Small Beautiful Green, Andhy P Nainggolan Berniat Majukan Sibolga

Andhy P Nainggolan. Foto/ist

Medan-Bumantara: Pendiri dan Sekretaris Jenderal Masyarakat Penggiat Anti Narkoba (MAPAN) Republik Indonesia Andhy Putra Nainggolan merasa terpanggil untuk memajukan Kota Sibolga, tanah kelahirannya. Sebagai putra daerah ia melihat potensi Sibolga di segala lini belum tergarap maksimal.

Mengusung Small Beautiful Green (SBG), niat Andhy untuk menjajal kontestasi pemilihan Walikota Sibolga pada 2020 mendatang sudah bulat. Bahkan ia tak ragu untuk mendeklarasikan diri sebagai bakal calon walikota dengan tagline #AndhyKawanAmbo.

Diwawancarai Kamis (11/7/2019), Tokoh Pemuda Sumatera Utara ini menjabarkan aneka programnya untuk Kota Sibolga.

“Saya kira sebagai putra daerah, saya memahami seluk beluk Kota Sibolga dengan baik, dari segi keunggulan maupun akar masalahnya,” ujar Andhy yang lahir dan besar di Jalan Mahony No. 52 Kelurahan Pancuran Dewa Kecamatan Sibolga Sambas itu.

Mengenyam pendidikan di SD 9/Datuk Hitam 081232, SMP Negeri 3 dan STM Negeri Tuka, Sibolga, Andhy tak main-main dalam mengkonsep kemajuan Kota Sibolga.

“SBG adalah visi misi yang saya rumuskan. Langkah kongkretnya juga telah kita pikirkan,” tegasnya.

Small, imbuhnya, adalah menggambarkan Kota Sibolga yang kecil namun memiliki potensi yang besar dari segi perikanan dan kelautan. Sebagai kota transit, Sibolga juga memiliki daya tarik tersendiri sebagai sentra perekonomian kerakyatan.

“Beautiful artinya cantik. Dalam bahasa Sibolga sering juga disebut nauli. Nauli, bisa dijabarkan kedaam Nyaman Aman, Unggul, Lestari dan Indah (NAULI). Penataan rumah penduduk, khususnya kawasan pesisir menjadi prioritas utama. Juga pasar tradisional dan infrastruktur yang perlu terus dibenahi,” katanya.

Terakhir, Green. “Hijau. Kami memprioritaskan penghijauan dan taman terbuka di Tengah kota. Konsep taman bermain yang dikemas sebagai sarana edukasi akan dibangun di jantung kota, agar masyarakat bisa berekreasi sambil belajar. Di sana juga akan dibangun sarana olahraga, kuliner dan taman baca. Penghijauan bukan hanya memperindah dan menyejukkan, namun juga menjadi sarana edukasi,” tegasnya.

Konsep pembangunan SBG yang juga merupakan akronim Sibolga juga akan bertumpu pada pembangunan sumber daya manusia. Masyarakat yang kebanyakan sebagai nelayan akan diberi dukungan penuh untuk menunjang kesejahteraan keluarganya.

“Masyarakat nelayan jangan lagi terlena dengan zona nyaman, cari uang di pagi hari lalu sorenya sudah habis. Itu salah dan membuat masyarakat kurang berkembang,” katanya.

Karenanya, untuk meningkatkan program di bidang itu ia akan membangun pusat ekonomi kerakyatan berbasis perikanan dan kelautan.

“Industri pengalengan ikan yang sejak dahulu diwacanakan akan direalisasikan. Industri hulu dan hilir perikanan akan dipusatkan di Sibolga,” ujarnya.

Sibolga memiliki hasil laut yang melimpah, ikan asin yang melegenda, kuliner laut yang khas dan wisata bahari yang cantik menjadikan Sibolga memiliki potensi strategis untuk menunjang kesejahteraan masyarakatnya. Ditambah lagi dengan pembangunan Pelabuhan Sibolga yang dikelola Pelindo.

Dari sektor kesejahteraan pegawai, Andhy juga menaruh perhatian. Menurutnya, saat ini PNS di Sibolga kurang sejahtera sehingga bila waktu pensiun tiba, mereka pergi dari Sibolga untuk kembali menyambung hidup.

“Hal itu membuat Sibolga kehilangan putra daerah. Ini harus dibenahi, lewat regulasi, saya akan atur bagaimana caranya PNS di Sibolga sejahtera, juga termasuk guru honorer yang turut andil dalam sektor pendidikan. Kalau semua sejahtera, Sibolga akan makmur,” katanya.

Sebagai seorang bakal calon walikota, Andhy sadar bahwa programnya itu akan terealisasi bila didukung banyak pihak. Masyarakat termasuk partai politik yang akan mengusung nantinya.

“Karenanya saya meminta doa restu kepada masyarakat. Semoga niat baik saya berterima untuk semua kalangan,” ujar Andhy yang mengaku telah menjalin komunikasi dengan banyak partai politik itu.

Andhy juga mengapresiasi 10 tahun di bawah kepemimpinan Syarfi Huatauruk dengan visinya mewujudkan Sibolga yang sejahtera, maju dan berdaya saing.

“Program-program pemerintah yang terdahulu akan kita tingkatkan. Yang baik akan kita adopsi dan akan kita tingkatkan menjadi lebih baik lagi,” ujar Andhy P Nainggolan, pendiri MAPAN RI yang saat ini ketua umumnya adalah Anggota DPD RI Dedi Iskandar Batubara.

Reporter: Wiji Gatsu
Editor: Renggo

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Jalan H Manaf Lubis (Gaperta Ujung), Kelurahan Kelurahan Tanjunggusta,Kecamatan Medan Helvetia, Kota Medan

No Telephone : 0877-6822-1959 | 061-8441466

Copyright © 2017 Bumantaranews.com, powered by Mahapalamultimedia

To Top