Politik

Jajak Pendapat Pilkada 2020: Netizen Lebih Menginginkan Calon Independen

Jajak pendapat Kabarsumut.id. foto/ist

Medan-Bumantara: Pilkada serentak 2020 di Sumatera Utara mulai ramai dibahas. Bahkan halaman media sosial juga sudah melakukan sejumlah jajak pendapat terkait pesta demokrasi tersebut.

Kabarsumut.id adalah salahsatu halaman media sosial yang melakukan jajak pendapat di Facebook. Jajak menerbitkan apakah pada Pilkada 2020 publik lebih memilih calon yang diusung Parpol atau jalur independen (non partai). Pada halaman itu, jajak pertama sekali muncul pada Kamis (8/8/2019).

Hingga Jumat (9/8/2019) pukul 12.00 wib sudah ada 86 yang memberikan suaranya pada jajak pendapat tersebut.

Sebanyak 76 persen atau 67 suara menginginkan calon kepala daerah yang maju dari jalur independen. Sisanya, menjatuhkan pilihan pada calon yang diusung Parpol. Jajak dilakukan selama satu pekan atau 7 hari.

Meski secara spesifik melakukan jajak pendapat khusus pada Pilkada Medan, namun elemen pemerhati demokrasi menilai jajak tersebut bisa merepresentasikan harapan publik pada Pilkada serentak yang akan digelar 23 kabupaten/kota se-Sumut.

“Saya mengecek ada juga netizen dari luar Kota Medan memberikan suaranya di jajak tersebut. Ada dari Deliserdang, Karo dan Sibolga. Artinya jajak pendapat ini bisa jadi representasi bahwa sebenarnya banyak publik di Sumut yang menginginkan calon independen pada Pilkada 2020 nanti. Apalagi halaman ini menamakan kabarsumut,” kata pemerhati demokrasi dari Sumatera Institute, Iqbal Saputra Siregar.

Iqbal menggarisbawahi bahwa besarnya kekecewaan publik dalam jajak pendapat yang membandingkan calon kepala daerah dari parpol dengan calon independen tersebut.

“Jika sudah ada yang membandingkan antara calon parpol dengan calon independen dalam jajak pendapat, berarti kekecewaan publik terhadap parpol kian tinggi,” ujar Iqbal.

Bila jajak pendapat ini digalang secara massif, Iqbal meyakini sebagian besar publik Sumatera Utara berharap banyak calon kepala daerah yang maju lewat jalur independen yang benar-benar bisa mencerminkan aspirasi rakyat.

“Silakan disurvey saja,” kata Iqbal.

Seperti ditelusuri, Kabarsumut.id selama ini ternyata memang kerap melakukan jajak pendapat di media sosial. Terutama pada Pilgubsu 2018 lalu dimana hasil jajak pendapatnya banyak terbukti pada saat ini.

Editor: Renggo

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Jalan H Manaf Lubis (Gaperta Ujung), Kelurahan Kelurahan Tanjunggusta,Kecamatan Medan Helvetia, Kota Medan

No Telephone : 0877-6822-1959 | 061-8441466

Copyright © 2017 Bumantaranews.com, powered by Mahapalamultimedia

To Top