Aspikom Sumut Mengupas Media Baru dan Perubahan Sosial

by -29 views

Medan-Bumantara: Asosiasi Perguruan Tinggi Ilmu Komunikasi (ASPIKOM) Korwil Sumatera Utara menggelar Konferensi Nasional Komunikasi (KNK) 2019: Media Baru dan Perubahan Sosial, di kawasan wisata internasional Danau Toba, pada 19 -21 September 2019. Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dijadwalkan hadir dalam KNK yang diisi sejumlah pakar komunikasi.

“Kegiatan ini diikuti oleh banyak pakar ilmu komunikasi yang berasal dari seluruh Korwil Aspikom di Indonesia. Pemilihan kawasan Danau Toba sebagai lokasi kegiatan ini ialah untuk mendukung Pemprovsu dalam pembangunan sektor pariwisata dan mempromosikan Kaldera Geopark Toba,” kata Ketua Aspikom Korwil Sumatera Utara, Dewi Kurniawati, P.hD, Kamis (29/8/2019).

Adapun tujuan kegiatan ini ialah untuk memberikan peningkatan kontribusi keilmuan komunikasi dalam strategi pembangunan. “Kegiatan ini diharapkan nantinya mampu memberikan sumbangsih penguatan ilmu komunikasi dan turut berperan dalam isu pembangunan terkait media baru dan perubahan sosial,” kata Dewi.

Konferensi Nasional tersebut akan dihadiri oleh 2 keynote speakers dan 3 orang pembicara. Adapun keynote speakers tersebut ialah, Edy Rahmayadi (Gubernur Sumatera Utara) dan Runtung Sitepu (Rektor Universitas Sumatera Utara). Sedangkan 3 pembicara yang dimaksud adalah, Heri Budianto (Ketua ASPIKOM 2016-2019), Puji Lestari (Ketua APJIKI), Dadang Rahmat Hidayat (Ketua ISKI) dan Usman Kansong (Media Indonesia).

Untuk ASPIKOM Korwil Sumatra Utara sendiri, terdiri dari  9 Program Studi dari berbagai Perguruan Tinggi di Sumatra Utara, yakni USU, UINSU, STIK-P, UMSU, UMA, UISU, Universitas Dharma Agung, Universitas Dharmawangsa, dan Universitas Sari Mutiara. “KNK ini merupakan kerja kolaborasi seluruh anggota Aspikom Korwil Sumut,” ucapnya.

Apresiasi Gubsu

Dalam kesempatan itu, Dewi didampingi panitia KNK 2019, mengapresiasi Edy Rahmayadi selaku Gubernur Sumatera Utara yang telah berkomitmen untuk mendukung kegiatan yang diselenggarakan Aspikom tersebut.

Dalam audiensi panitia kegiatan ini bersama dengan Gubsu Edy beberapa hari lalu, dia memberikan pendapat tentang peran Ilmu Komunikasi ke depannya dalam isu pembangunan. “Aspikom berupaya bisa bersinergi dengan Pemerintahan Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) dalam usaha-usaha yang mendukung pembangunan Sumatera Utara yang maju,” ujar Dewi Kurniawati.

Tema KNK 2019 Aspikom Sumut ini sebagai upaya menjawab tantangan Revolusi Industri 4.0 telah hadir dengan efek disrupsi yang menyertainya. Media baru, tidak bisa tidak, menimbulkan perubahan sosial. Dalam kondisi seperti ini, diperlukan kecerdasan berkomunikasi bagi masyarakat. Persoalan komunikasi semakin kompleks, sebab pesan kini disebarluaskan secara digital, serentak dan dalam tempo singkat menjangkau berbagai tempat, menyasar semua strata golongan masyarakat tanpa jarak, waktu dan nyaris pesan yang disampaikan tidak bisa dihambat.

Melalui konferensi ini diharapkan akan muncul berbagai pemikiran dan pandangan yang kontruktif sebagai bagian dari upaya insan komunikasi membantu menyelesaikan berbagai masalah sosial dan komunikasi pada saat ini.

Editor: Renggo

Leave a Reply