Kepala PUSHAM Unimed Sikapi Kericuhan di DPRD Sumut

by -12 views

Medan-Bumantara: Aksi unjuk rasa elemen mahasiswa di sejumlah daerah di Indonesia, termasuk di Medan, Sumatera Utara, yang berakibat kericuhan, kerusuhan, pengrusakan dan kekerasan mendapat perhatian banyak orang. Salahsatunya dari Kepala Pusat Studi Hak Asasi Manusia Universitas Negeri Medan (PUSHAM Unimed), Majda El Muhtaj.

Kepada wartawan, Jumat (27/9/2019), Majda mengimbau semua elemen mahasiswa dan aparat keamanan agar bisa sama-sama menahan diri serta menghindari sikap-sikap emosional, eksesif dan anarkis dalam penyampaian pendapat.

Menurutnya di saat bersamaan aparat kepolisian juga harus mampu menunjukkan kesabaran, profesionalitas untuk merangkul adik-adik mahasiswa dalam dekapan penuh kasih sayang sebagai intelektual muda Indonesia.

“Tetap dalam kerangka menghormati proses penegakan hukum yang berkeadilan dengan menjunjung tinggi HAM,” sebut Majda.

Lebih jauh Majda meminta aparat penegak hukum agar memberikan kesempatan baik dan mulia kepada mahasiswa untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas diri di masa-masa mendatang.

“Bapak Kapolda Sumut sangat memahami dinamika Sumut dan dengan penuh harap kiranya mampu membuka ruang-ruang penyelesaian dialogis dalam kemitraan positif yang partisipatif dan konstruktif dalam rangka mengayomi adik-adik mahasiswa kita,” tukas Majda.

Seperti diketahui, pasca kericuhan dalam unjuk rasa di Kantor DPRD Sumut, Selasa (24/9), polisi sudah menetapkan 40 orang sebagai tersangka. Sementara 15 orang lainnya yang juga sempat menjalani pemeriksaan sudah dikembalikan kepada keluarganya.

Editor: Rakyat Asril

Leave a Reply