Sedang Apa Anggota DPRD Sumut AHB di Singapura?

by -232 views

Medan-Bumantara: Anggota DPRD Sumut Akbar Himawan Buchari membantah keras kabar dirinya ditangkap tangan oleh KPK. Politisi Golkar itu mengaku sedang berada di Singapura. Sedang apa Akbar di sana?

Informasi dihimpun, Kamis (17/10/2019), pertanyaan itu muncul ketika seorang Akbar Himawan Buchari yang baru dilantik pada 16 September 2019 lalu tiba-tiba mengaku sedang berada di luar negeri. Padahal tidak ada agenda kerja DPRD Sumut ke negeri jiran tersebut. Apalagi sesama anggota Fraksi Golkar DPRD Sumut juga masih berada di ruang kerjanya masing-masing ketika Akbar mengaku dirinya sedang di luar negeri.

“Patut dipertanyakan sedang apa anggota DPRD Sumut di luar negeri tanpa ada agenda kerja resmi,” kata Kordinator Aliansi Masyarakat Peduli Hukum (AMPUH) Muhammad Suzali SH (foto).

Soal kunjungan Anggota DPRD Provinsi, sudah diatur di Peraturan Pemerintah nomor 16 Tahun 2010 tentang Pedoman Penyusunan Peraturan DPRD Tentang Tatib DPRD.

Di pasal 91 ayat (h) disebutkan Anggota DPRD Provinsi memperoleh izin tertulis dari pejabat berwenang untuk perjalanan ke luar negeri, baik atas beban APBD maupun pihak lain.

“Ini yang lebih penting apakah yang bersangkutan sudah mengantongi izin tertulis itu,” kata Suzali.

Jika ini dilanggar oleh yang bersangkutan, maka berpotensi untuk diberhentikan antar waktu. Itu tertuang dalam pasal 102 ayat (g) di Peraturan yang sama.

Pada ayat tersebut dinyatakan anggota DPRD diberhentikan antar waktu bila melanggar ketentuan larangan sebagai anggota DPRD sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan.

Sementara itu, Akbar yang dikonfirmasi via seluler mengatakan sedang berobat ke Singapura.

“Saya sedang berobat ke Singapura. Kan saya sedang kosong kegiatan di dewan maka saya berangkat,” ucap Akbar.

Disinggung soal izin perjalanan ke luar negeri, Akbar mengaku tak mengantonginya.

“Saya gak ada izin, hanya permisi di fraksi. Gak ada kaitan saya dengan isu yang beredar,” kata Akbar.

Reporter: Otti S Batubara
Editor: Renggo

Leave a Reply