SMAN I Medan Telusuri Jejak Kekejaman PKI di Bandar Betsy

by -271 views

Medan-Bumantara: Siswa SMA Negeri 1 Medan menggelar fild trip ke Bandar  Betsy. Salahsatu tujuan kegiatan ini agar pelajar memahami sejarah bangsanya sendiri.

Informasi dihimpun, fild trip (karyawisata) yang dilakukan 19-20 Oktober 2019 ini diikuti 38 siswa-siswi didampingi empat guru mereka yakni Sutarto, Marsolina, Ikhwan Habibi dan Toni Arif.

“Salahsatu tujuan kegiatan untuk meningkatkan wawasan siswa agar lebih menghargai dan memahami sejarah bangsa kita sendiri,” kata Ketua Panitia Pelaksana Dewata Sakti.

Dewata menyampaikan apresiasinya kepada Kepala SMA Negeri 1 Medan, para guru dan Muhammad Afri Rizky Lubis alumni SMAN 1 Medan yang kini menjadi Ketua Fraksi Golkar DPRD Medan.

Toni Arif, guru bidang stud sejarah di SMA Negeri I Medan yang ikut mendampingi rombongan mengatakan, kegiatan ini membawa siswa agar lebih mengetahui jejak-jejak Partai Komunis Indonesia (PKI) di Sumatera Utara.

“Dengan tujuan agar siswa mampu memahami bahaya penerapan ideologi komunis di Indonesia,” kata Toni.

Sementara itu, Muhammad Afri Rizky Lubis selaku alumni SMA Negeri I yang kini menjadi anggota DPRD Kota Medan, menambahkan bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarahnya.

“Bung Karno mengatakan jangan sekali-kali melupakan sejarah. Kegiatan ini sebagai salahsatu langkah agar kita tidak melupakan sejarah kita sendiri,” ujar Rizky.

Rizky berujar kegiatan fild trip ini sangat penting diikuti para siswa agar memahami jejak komunis di Indonesia.

“Dengan kegiatan ini adik-adik saya akan memperoleh informasi yang komprehensif, melihat sendiri lokasi yang menjadi saksi sejarah peristiwa masa lalu sehingga menambah kewaspadaan kita sebagai anak bangsa,” tukas Rizky.

Editor: Rakyat Asril

Leave a Reply