Edy Ikhsan dan Konsep Perpustakaan Digital-Virtual di Kota Medan

by -40 views

Medan-Bumantara: Jurnalis senior Rizanul Arifin menggelar bincang-bincang bersama Dr Edy Ikhsan SH MA di Perpustakaan Tengku Luckman Sinar, Kamis (9/11/2019).

Selain membahas manuscrip tua, salahsatu yang dibincangkan juga terkait literasi.

Edy Ikhsan berniat mewujudkan digital and virtual library, perpustakaan digital-virtual sebagai salahsatu upaya pencerdasan lewat literasi. Perpustakaan ini berbasis masyarakat dan berdampak pada kecerdasan anak bangsa.

“Virtual Library ini bukanlah website untuk mengunduh buku, tapi mempertemukan antara pemilik koleksi buku dengan peminjam buku. Sebab, interaksi dan diskusi di dunia nyata sangatlah penting,” ujar Dosen Hukum USU itu.

Dengan konsep itu semua genre dan topik bahasan yang pernah dibukukan bisa dengan mudah ditemukan dan dibaca siapapun, karena rak bukunya ada di rumah-rumah kolektor buku yang mau bersedekah ilmu dengan meminjamkannya kepada orang yang mau belajar dan maju.

“Tentunya dengan sistim perpustakaan yang baik, benar dan aman,” kata Bakal Calon Walikota Medan jalur independen tersebut.

Edy Ikhsan meyakini hal tersebut mampu memicu tumbuhkembangnya komunitas membaca yang akan berdampak kepada meningkatnya kecerdasan anak bangsa.

“Dengan begitu, penguasaan ilmu makin luas, literasi masyarakat tentang berbagai ilmu pengetahuan semakin banyak dan luas,” tukas Edy Ikhsan.

Editor: Rakyat Asril

Leave a Reply