Modal Rakyat Target Penyaluran Rp500 M untuk 10.000 UMKM di Indonesia

by -209 views

Medan-Bumantara: Pegiat e-commerce Stanislaus M.C. Tandelilin berdiskusi bersama para jurnalis di Medan, Jumat (31/1/2020).

Stanis berbagi tentang peta perkembangan industri finansial teknologi di Indonesia, salahsatunya Modal Rakyat.

Modal Rakyat hadir sebagai salah satu perusahaan teknologi finansial yang fokus pada penyaluran pendanaan bagi UMKM di seluruh di Indonesia.

Diuraikannya, Modal Rakyat hadir pada tahun 2018 berawal dari keprihatinan akan sulitnya akses permodalan bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), khususnya pengusaha mikro di pelosok Indonesia.

“Modal Rakyat juga telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sejak Juni 2018,” ungkap pria yang karib disapa Stan tersebut.

Tidak hanya menjadi perusahaan p2p lending yang mengedepankan nilai gotong royong, Modal Rakyat juga mengantongi beberapa prestasi, seperti dinobatkan sebagai pemenang program Digitaraya Google Launchpad, Finalis NTT Docomo Startup Challenge Award, Finalis Best Newcomer Tempo Award, serta telah mengantongi Sertifikasi ISO 27001:2013.

“Kami ingin berkontribusi dalam membangun inklusi keuangan melalui Fintech sebagai pembiayaan alternatif untuk semua sektor UMKM di seluruh Indonesia, kami berharap masyarakat bisa berkontribusi dengan menyisihkan uang nya tidak hanya untuk memperoleh imbal hasil, tetapi juga secara nyata membangun UMKM,” ungkap Stan.

Inklusi keuangan tentu tidak hanya sekadar mendukung UMKM dalam aspek permodalan, namun Modal Rakyat juga berkomitmen menjaga keamanan data pendana.

Langkah konkret yang telah dilakukan adalah Modal Rakyat bekerja sama dengan PrivyID selaku penyedia jasa layanan Tanda Tangan Elektronik yang telah memiliki izin pada Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (KOMINFO RI) untuk “tanda tangan elektronik” bagi Pendana.

Penggunaan tanda tangan digital/elektronik merupakan bagian dari persyaratan yang telah diamanatkan OJK untuk perusahaan teknologi keuangan (fintech).

Berdasarkan UU ITE, tanda tangan digital / elektronik adalah tanda tangan yang terdiri dari informasi elektronik yang dilampirkan dan berhubungan dengan informasi elektronik lainnya sebagai sarana verifikasi dan otentikasi.

Hingga saat ini Modal Rakyat telah menyalurkan pendanaan kepada ribuan UMKM lebih dari Rp150 Miliar. Penyaluran permodalan tidak hanya untuk usaha menengah, tetapi sebanyak 8.000 pinjaman usaha mikro juga telah tersalurkan.

Partisipasi masyarakat untuk menjadi Pendana rata-rata didominasi oleh masyarakat dengan rentang usia 18-35 tahun, dimana tergolong sebagai generasi millennial, dimana mereka mulai dapat mendanai mulai dari Rp 25ribu saja.

“Sebagai p2p lending kami ingin bisa lebih mendukung kemajuan UMKM, tentunya tidak hanya di pulau Jawa, tetapi juga di Sumatera. Modal Rakyat berharap generasi millennial bisa semakin sadar akan pentingnya berkontribusi terhadap perekonomian Indonesia,” kata Stan.

Bagaimana caranya?

Memjawab itu, Stan menjelaskan pentingnya pemanfaatan p2p lending sebagai sarana mendukung permodalan UMKM secara langsung.

“Tentunya harus dengan selektif memastikan bahwa perusahaan p2p lending tersebut telah terdaftar/ berijin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan,” kata Stanis.

Sejak Juni 2018 hingga 30 Januari 2020 di pulau Sumatera tercatat sebanyak lebih dari 1.000 Pendana di Modal Rakyat. Modal Rakyat telah menyalurkan pendanaan sebanyak lebih dari Rp3 Miliar kepada lebih dari 200 UMKM di Sumatera.

Di Sumatera Utara sendiri, Modal Rakyat telah menyalurkan pendanaan lebih dari Rp90 juta dan diharapkan akan naik secara signifikan pada tahun ini.

“Angka ini tentu tidak sebanding dengan jumlah populasi penduduk di Sumatera, khususnya Sumatera Utara. Kami berharap dapat meningkatkan partisipasi masyarakat di Sumatera Utara untuk menjadi Pendana di Modal Rakyat. Untuk bisa membangun inklusi keuangan tentu tidak hanya peran dari Modal Rakyat yang dibutuhkan, tetapi juga partisipasi masyarakat, pemerintah, dan komunitas sangat diperlukan,” ungkap Stanis.

Leave a Reply