Cegah Kerumunan, Pembagian BST di Siantar Dibagi 3 Titik

SIANTAR, METRODAILYl.id – Guna mencegah kerumunan, pembagian Bantuan Sosial Tunai (BST) di Lapangan H Adam Malik dibagi menjadi tiga titik. Sebelumnya, pembagian terpusat di satu titik, yaitu di Balai Bolon.

Pembagian BST telah dimulai Senin (26/7). Saat itu, tampak kerumunan warga. Sehingga untuk menghindari kerumunan, PT Pos Indonesia yang bekerja sama dengan TNI-Polri dan Satgas Penanganan Covid-19 Pematangsiantar membagi menjadi tiga titik penyaluran bantuan. Selain di Balai Bolon, didirikan 2 posko pelayanan tambahan.

Salah seorang pegawai PT Pos Indonesia Cabang Pematangsiantar, Sabtu (31/7) sekira pukul 12.00 WIB mengatakan, pendirian dua pos tambahan tersebut bertujuan untuk menghindari kerumunan.

“Jadi awalnya kita hanya sediakan satu tempat pos pelayanan. Namun karena kita lihat jumlah masyarakat yang datang cukup banyak dan berpotensi menyebabkan kerumunan, maka kita dirikan dua posko tambahan,” ujar pria tersebut.

Dikatakannya, di tiap pos pelayanan minimal menampung dua kelurahan secara bergiliran. Pembagian BST tersebut ditarget selesai Minggu (1/8).
Diakuinya, selama pembagian BST belum ada kendala berarti. Semuanya berjalan dengan baik dan lancar.

Dijelaskan dia, bantuan dalam bentuk beras Bulog yang disalurkan Kementerian Sosial melalui PT Pos Indonesia tersebut diperuntukkan bagi warga terdampak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan MAsyarakat (PPKM) di wilayah Sumatera Utara (Sumut).

Erna Sihombing (30) salah seorang warga penerima BST mengaku sangat membantu dengan adanya bantuan tersebut.

“Beras ini cukup membantu. Apalagi di tengah pandemi ini, ekonomi masyarakat cukup terpuruk,” tukasnya.

Sementara, Kepala Dinas Sosial Kota Pematangsiantar Pariaman Silaen, Jumat (23/7) lalu mengatakan pembagian beras tersebut hanya berlangsung sekali. (mat)