PPKM Siantar: Dilarang Masuk Jalan Sutomo-Merdeka!

Bekerja, ke RS, dan Beli Sembako Boleh Melintas

SIANTAR, bumantaranews.com – Pelaksanaan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 di Kota Pematangsiantar berimbas kepada sejumlah hal. Salah satunya, larangan memasuki inti Kota Pematangsiantar, yakni Jalan Sutomo dan Jalan Merdeka. Setiap akses jalan masuk ke inti kota ditutup dan dijaga petugas.

Larangan masuk ke inti Kota Pematangsiantar berlangsung sejak Sabtu (14/6) hingga Senin (23/8). Ada 11 titik akses ditutup. (lihat tabel). Penutupan akses tersebut dilakukan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pematangsiantar bekerja sama dengan Satlasntas Polres Pematangsiantar.

Petugas Dishub Kota Pematangsiantar P Silaen, Sabtu (14/8) menerangkan penyekatan atau penutupan akes jalan masuk ke inti Kota Pematangsiantar dilakukan dalam rangka upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Penyekatan sesuai arahan Walikota Pematangsiantar. Sebelumnya Presiden RI Ir Joko Widodo memberikan arahan yang ditindaklanjuti oleh Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 30 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 4 di wilayah Sumatera Utara, agar melaksanakan PPKM Level 4 di beberapa wilayah,” terangnya.

Dikatakan Silaen kriteria yang bisa melintasi penyekatan atau masuk ke kawasan inti kota yakni, alasan pekerjaan, ke rumah sakit, serta membeli bahan makanan pokok.

“Kalau alasan pekerjaan, bisa kita kasih lewat. Contohnya, kantor tempat ia kerja masuk daerah penyekatan. Terus, yang mau bertobat ke rumah sakit. Juga yang mau membeli bahan makanan pokok. Kalau mau beli sepatu atau baju, tidak kita perbolehkan lewat,” jelasnya.

Di hari pertama penutupan akses, Sabtu (14/8) sekira pukul 12.00 WIB, tepatnya di Jalan Merdeka dekat kantor Cabang BRI, banyak pengendara bingung saat dihadang petugas. Begitu juga di kawasan Jalan Vihara (Siantar Square), sejumlah pengendara panik saat melihat petugas.

Di hari kedua, Minggu (15/8) kawasan Jalan Sutomo dan Jalan Merdeka tampak sangat sepi. Hanya tampak segelintir kendaraan roda dua dan empat melintas. Padahal selama ini kawasan Jalan Sutomo dan Jalan Merdeka merupakan pusat keramaian warga, tidak hanya Kota Pematangsiantar namun daerah lain, terutama Kabupaten Simalungun. Jalan Sutomo dan Jalan Merdeka juga merupakan pusat perekonomian masyarakat.

Sementara itu, sebagai besar toko memilih tutup. Terutama took pakaian, alat elektronik, mekanik, dan lainnya. (mat)

Titik Akses Jalan yang Ditutup

1. Jalan Merdeka depan kantor Cabang BRI
2. Jalan Sutomo seputaran Ramayana
3. Jalan Ciptomangunkusmo depan CV Obor
4. Jalan Vihara simpang Jalan Pane
5. Jalan WR Supratman simpang Jalan Sudirman
6. Jalan Cokroaminoto simpang Jalan Tanah Jawa
7. Jalan Wahidin depan Toko Naga Mas
8. Jalan Kartini simpang Jalan Sudirman
9. Jalan Pattimura Ujung dekat GOR
10. Jalan Pattimura simpang Jalan Pierre Tandean
11. Jalan Kartini eks Kantor Samsat