Bantuan Subsidi Gaji Rp3,5 Juta, BPJS: Itu Hoax

JAKARTA, bumantaranews.com – BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) memastikan pesan berantai yang beredar di WhatsApp soal bantuan subsidi gaji/upah sebesar Rp3.550.000 tidak benar alias hoax. Dalam informasi itu masyarakat diminta klik https://subsidijamsostek.online/bantuan/?bpjamsostek untuk mendapat bantuan.

“Mereka yang bekerja antara tahun 2000 dan 2021 berhak menerima bantuan sosial finansial sebesar Rp3.550.000. Periksa apakah nama Anda ada di daftar untuk menarik manfaat,” bunyi pesan tersebut dikutip detikcom, Kamis (19/8).

Deputi Direktur Bidang Humas & Antar Lembaga BPJamsostek, Irvansyah Utoh Banja meminta masyarakat tidak percaya pesan tersebut. Link itu dinilai mengandung unsur penipuan data.

“Link ini tidak benar dari BPJS Ketenagakerjaan dan berpotensi mengandung unsur penipuan data atau fraud,” kata Irvansyah.

Jika mengklik link tersebut dan menjawab “Ya” semua pertanyaan, Anda disebut berhak mendapat bantuan Rp3.550.000. Tetapi ada beberapa syarat yang harus diikuti.

“Berbagi dengan 5 grup/20 teman melalui WHATSAPP (klik tombol “WhatsApp” di bawah). Setelah berbagi, Anda akan diarahkan untuk mengaktifkan bantuan keuangan sosial Anda. Anda akan menerima konfirmasi SMS dalam 2 hingga 5 menit,” bunyi pesan yang tidak benar itu.

Irvansyah mengingatkan untuk mengecek bantuan subsidi gaji Rp1 juta hanya melalui situs bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id. Jika sudah memiliki akun aplikasi BPJSTKU, dapat melakukan akses melalui situs sso.bpjsketenagakerjaan.go.id. Juga terdapat layanan Whatsapp di nomor 081380070175 dan juga call center Layanan Masyarakat 175.

“BPJAMSOSTEK telah menyediakan kanal-kanal resmi informasi bagi peserta guna mengakses informasi terkait eligibilitas mereka dalam memperoleh dana BSU,” tandasnya.(dc/int)