Ujian Penyesuaian Ijazah di Pemkab Labuhanbatu Direncanakan Akhir Tahun

LABUHANBATU, bumantaranews.com – Sejumlah Aparatur Negeri Sipil (ASN) di Labuhanbatu mengharapkan ujian kenaikan pangkat penyesuaian ijazah (PI) diadakan tahun 2021 oleh Badan Kepegawaian Pelatihan dan Pendidikan Labuhanbatu.

Pasalnya, ujian PI tersebut sangat penting untuk syarat penyesuaian golongan untuk menunjang karir di Birokrasi Pemerintahan.

“Saya sangat mengharapkan dapat mengikuti ujian penyesuaian ijazah di BKPP Labuhanbatu, soalnya sudah 3 tahun belakangan ditiadakan oleh BKPP Labuhanbatu,” ujar Muis, salah seorang ASN yang bertugas di Pemerintahan Labuhanbatu, Senin (23/8/2021) siang di Rantauprapat.

Senda dikatakan BK yang juga salahseorang ASN di lingkungan Pemkab Labuhanbatu. Menurutnya, PI merupakan salahsatu syarat penting untuk menunjang karir ASN.

Informasi diperoleh, untuk kegiatan ujian penyesuaian ijazah tersebut telah dianggarkan pada anggaran tahun 2021 oleh BKPP Labuhanbatu, namun hingga kini belum dapat dipastikan kegiatan itu digelar.

Kepala Badan Kepegawaian Pelatihan dan Pendidikan Labuhanbatu Zainuddin Siregar saat dikonfirmasi wartawan mengaku pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak Badan Kepegawaian Negara (BKN).

“Tahun ini ada ujian penyesuaian ijazah. Sedangkan ujian dinas telah diselenggarakan tahun kemarin,” ujarnya.

Untuk jadwalnya, kata Zainuddin, besar kemungkinan akan dilakukan setelah selesai test CPNS.

Kepala Bidang Diklat BKPP Labuhanbatu Ewin saat dikonfirmasi mengatakan bahwa anggaran untuk kegiatan ujian PI tersebut berkisar Rp90 jutaan.

“Mungkin di bulan 11 atau 12 akan diselenggarakan ujian PI tersebut,” tandasnya.

Sebelumnya diberitakan terkait belum adanya jadwal kegiatan ujian kenaikan pangkat Penyesuaian Ijazah (PI) di Badan Kepegawaian Pelatihan dan Pendidikan (BKPP) Labuhanbatu berpotensi menghambat karir Aparatur Sipil Negara (ASN).

Hal tersebut dikatakan salahseorang ASN yang bertugas di Pemerintahan Kabupaten Labuhanbatu RD kepada wartawan, Rabu (11/8/2021) siang di Rantauprapat.

Menurutnya, ujian penyesuaian ijazah tersebut sangat penting untuk memotivasi ASN untuk meningkatkan karir, prestasi kerja dan pengabdian kepada Negara, sekaligus sebagai dasar untuk memberikan penghargaan kepada ASN berasaskan pada keadilan.

“Saya sudah menunggu dari tahun 2019 hingga kini tahun 2021. Namun belum ada jadwal dari BKPP Labuhanbatu untuk menggelar kegiatan ujian Penyesuaian Ijazah tersebut. Hal ini tentunya dapat menghambat karir ASN,” tuturnya.

RD mengungkap dirinya pernah mendapatkan informasi dari pihak BKPP Labuhanbatu, bahwa akan menggelar ujian penyesuaian ijazah tersebut akan digelar pada bulan Juli 2021. Namun, kata dia, tidak jadi tanpa alasan yang jelas.

“Jika dibandingkan dengan Kabupaten lain seperti Labuhanbatu Selatan dan Labuhanbatu Utara. Mereka setiap tahunnya mengadakan ujian penyesuaian ijazah tersebut. Ya kalau Labuhanbatu tidak menggelar ujian tersebut, berikanlah solusi kepada ASN Labuhanbatu untuk mengikuti ujian PI di Kabupaten lain yang mengadakannya,” ungkap RD mengakhiri. (Bud)