Kunyit, Ternyata Bisa Bikin Langsing Loh

bumantaranews.com – Kunyit dianggap sebagai rempah seribu manfaat untuk tubuh. Berikut ini enam manfaat kunyit untuk kesehatan yang bakal kamu dapat saat mengonsumsinya secara rutin.

Kunyit merupakan rempah berwarna kuning yang banyak digunakan dalam berbagai masakan Asia. Ternyata tak hanya bermanfaat sebagai bumbu masakan, kunyit juga memiliki khasiat yang sangat baik untuk kesehatan.

Kandungan kurkumin yang ada pada kunyit telah digunakan pada berbagai pengobatan alternatif sejak masa lampau. Ternyata bukan tanpa alasan, secara medis kunyit juga sudah terbukti memiliki kandungan antiinflamasi yang sangat baik untuk tubuh.

Berbagai manfaat kesehatan mulai dari mencegah penyakit hingga mengatasi gangguan yang terjadi pada tubuh dikatakan dapat diatasi dengan rutin konsumsi kunyit. Tidak hanya manfaatnya untuk mencegah penyakit, para ahli juga mengatakan bahwa kunyit dapat bermanfaat untuk kecantikan dan perawatan tubuh. Berikut ini manfaat konsumsi kunyit menurut The Healthy (11/3):

1. Mempercepat Penurunan Berat Badan

Menambahkan kunyit dalam pola makan saat diet dikatakan dapat membantu mempercepat penurunan berat badan. Sebuah penelitian juga melihat kaitan antara fungsi kurkumin untuk menurunkan berat badan dan mengurangi indeks massa tubuh.

“Hanya meningkatkan konsumsi kunyit adalah strategi yang baik untuk menurunkan berat badan, kunyit dapat membantu pembakaran lemak yang lebih banyak,” kata Patricia Bannan selaku ahli gizi dan makanan sehat terdaftar.

2. Atasi Radang Sendi

Kandungan antioksidan yang ada pada kunyit salah satunya, polifenol. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa kandungan polifenol dalam kunyit dapat mengurangi nyeri, kaku hingga pembengkakan yang disebabkan radang sendi.

The Arthritis Foundation juga menyarankan pengobatan herbal bagi penderita radang sendi dengan konsumsi ekstrakkurkumin sebanyak 500 miligram sebanyak dua kali sehari. Tetapi konsumsi kunyit tersebut tetap harusdibawah pengawasan dokter karena dapat menimbulkan efek samping seperti gangguan penyerapan zat besi hingga gangguan pada perut.

3. Memperbaiki Suasana Hati

Kurkumin mengandung antioksidan yang sangat baik untuk mengatasi inflamasi. Inflamasi ini bukan hanya bisa terjadi secara fisik pada tubuh tetapi juga memengaruhi tingkat depresi yang dirasakan oleh seseorang. Manfaat kunyit untuk kesehatan mental pun ada buktinya.

Konsumsi kurkumin dengan rutin sama dengan menambah asupan antioksidan yang efeknya dapat mengatasi depresi yang dialami banyak orang. Menurut meta analisis dari 10 penelitian yang telah dilakukan konsumsi kunyit secara rutin juga dikaitkan dengan pencegahan gejala gangguan kecemasan dan depresi.

4. Mencegah Pikun

Dibandingkan dengan orang Eropa dan Amerika Serikat, masyarakat India cenderung lebih rendah risikonya mengalami alzheimer atau penurunan daya ingat. Menurut penelitian hal ini disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya konsumsi kurkumin yang lebih tinggi di India.

Di kawasan Asia, termasuk Asia Timur, kunyit memang cukup banyak digunakan bahkan hampir menjadi bumbu dalam semua masakan. Menurut para ahli manfaat kunyit untuk mencegah pikun ini berasal dari kemampuan kunyit untuk mencegah kerusakan pada neuron otak.

5. Mengatasi Radang Usus

Beberapa orang yang mengalami iritasi usus seringkali merasakan gejala seperti kram perut, kembung, hingga diare. Kunyit memiliki kemampuan untuk meringankan ketidaknyamanan yang disebabkan oleh gejala-gejala tersebut.
Bahkan pada penelitian yang dilakukan olehGastroenterology dan Hepatology menemukan bahwakurkumin pada kunyit lebih bermanfaat daripada placebo untuk membantu mengurangi gejala iritasi dan radang usus. Komponen aktifnya juga dapat mengatasi radang usus serius dan gangguan saluran pencernaan akibat reaksiautoimun.

6. Menghadang Radikal Bebas

Manfaat kunyit untuk kesehatan juga termasuk menghadang radikal bebas. Kandungan kurkumin pada kunyit dapat mencegah molekul oksigen yang tidak stabil atau dikenal dengan radikal bebas. Menurut jurnal Nutrients, radikal bebas yang menumpuk di dalam tubuh dapat merusak molekul lain ketika kehilangan elektronnya.

Dari waktu ke waktu, hasil penelitian yang dilakukan ini menunjukkan bahwa radikal bebas dapat menyebabkan gangguan arteri, pertumbuhan tumor hingga penuaan. Kandungan antioksidan yang diproduksi oleh kurkumin dalam kunyit memiliki peran untuk melawan radikal bebas tersebut. (dc/int)