Belanda vs Turki: Siapkan Kudeta

bumantaranews.com – Pertandiangan Belanda vs Turki dalam lanjutan jadwal Pra-Piala Dunia 2022 akan digelar di Amsterdam Arena, Rabu (8/9) dini hari, pukul 01.45 WIB. Laga Grup B kualifikasi Piala Dunia zona Eropa ini diprediksi bakal berlangsung ketat.

Belanda berusaha mengudeta Turki dari puncak klasemen Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona UEFA Grup B. Sebaliknya, Ay-Y?ld?zl?lar jelas enggan didepak dari posisinya. Pasalnya, kedua tim hanya berjarak 1 angka di posisi teratas.

Belanda dan Turki sama-sama meraih 1 menang dan 1 seri dalam 2 laga terakhir. Turki bermain imbang 2-2 melawan Montenegro di matchday ke-4 sebelum menggasak tuan rumah Gibraltar dengan skor 0-3. Di lain pihak, Belanda ditahan imbang oleh Norwegia dengan skor 1-1 pada Rabu (1/9) lalu.

Namun, skuad asuhan Louis van Gaal segera bangkit dan meraih kemenangan telak 4 gol tanpa balas atas Montenegro. “Kami mendambakan kemenangan ini. Kami kecewa dengan hasil seri padai Rabu di Norwegia dan untungnya Turki juga imbang,” komentar gelandang Timnas Belanda Georginio Wijnaldum.

Tim Oranye tampil dominan di laga kontra Montenegro. Memphis Depay dan kolega tercatat mampu memegang 72 persen penguasaan bola. Serangan yang dilancarkan mereka juga sangat intens dengan catatan 28 kali melepaskan tembakan.

Jika merujuk rekor head to head, kedua tim bisa dibilang punya kekuatan setimbang. Dari 5 pertemuan terakhir, Turki dan Belanda sama-sama mampu mengumpulkan 2 kemenangan. Sementara 1 laga lainnya berakhir imbang.

Namun, di pertemuan pertama babak kualifikasi Piala Dunia 2022 yang digelar Maret 2021, Belanda kalah telak dari Turki dengan skor 4-2. Striker Turki Burak Yilmaz menjadi mimpi buruk bagi Belanda dalam laga tersebut lewat torehan hattrick-nya.

Sebagaimana di laga-laga sebelumnya, Belanda juga mendominasi jalannya permainan dalam laga kontra Turki tersebut. Tim Oranye mampu menguasai bola sebanyak 66 persen dengan persentase kesuksesan operan mencapai 87.
Bahkan, dari segi serangan, Depay dan kolega mampu melesakkan 20 tembakan, sementara Turki hanya mampu melakukan 8 sepakan.

Namun nyatanya, permainan menyerang dan penguasaan lapangan yang diterapkan Belanda kerap kali berbuah pahit. Tidak hanya di pertemuan pertama melawan Turki, tetapi juga di laga lainnya seperti ketika melawan Norwegia dan Montenegro. Skuad Oranje, terutama barisan pertahanan, kerap kali kehilangan konsentrasi pada awal permainan.

Itu terbukti dari catatan soccerway, dalam 5 pertandingan terakhir babak kualifikasi, gawang Timnas Belanda rerata jebol di menit 17. Hal itu juga diakui oleh pelatih Louis van Gaal. Meski akhirnya menang telak 4-0 melawan Montenegro, menurutnya, para pemain tidak tampil maksimal di awal laga.

“Terlepas dari 20 menit pertama yang buruk, 70 menit berikutnya jauh lebih baik. Umpan kami lebih akurat dan kami bahkan mengungguli lawan kami. Kami bisa saja mencetak lebih banyak gol, dalam pandangan saya, tetapi kami memulai dengan beberapa pemain yang tidak bermain di posisi yang tepat,” terangnya.

Masalah konsentrasi para pemain, terutama di barisan belakang, harus jadi perhatian khusus pelatih Louis van Gaal. Sebab, Turki sebagai calon lawannya nanti punya bomber mematikan, yakni Burak Yilmaz. Sejauh ini, Yilmaz merupakan pemain Turki yang paling banyak menjebol gawang Belanda dengan total 5 gol. (tir/bn/int)

Perkiraan Susunan Pemain
Belanda (4-3-3):
Bijlow; Malacia, van Dijk, de Vrij, Dumfries; Klaassen, Frenkie de Jong, Wijnaldum; Gakpo, Depay, Berghuis.
Pelatih: Louis van Gaal.

Turki (4-5-1):
Bayindir; Muldur, Demiral, Ayhan, Celik; Karaman, Calhanoglu, Yokuslu, Yazici, Under; Yilmaz.
Pelatih: Senol Gunes.