KN SAR Sanjaya, Kapal Cepat Berteknologi Canggih

TANJUNGBALAI, bumantaranews.com – Untuk memperkuat sistem pencarian korban apabila terjadi bencana di laut, Basarnas Pos SAR Tanjungbalai-Asahan mendapatkan alokasi kapal baru KN SAR Sanjaya yang dilengkapi dengan peralatan canggih yang dapat menjangkau hingga radius pencarian 30 meter.

Pos Basarnas Tanjung Balai-Asahan mendapatkan 1 unit kapal dengan spesifikasi panjang 40 meter dengan lebar 7,8 meter dengan tinggi geladak utama 3,60 meter serta memiliki kecepatan maksimal 30 knot.

Komandan Pos SAR Tanjung Balai-Asahan, Ady Pandawa S.T menyebutkan, kapal jenis ini sangat sesuai dioperasikan di wilayah operasional SAR Tanjung Balai-Asahan yang cukup luas yang membawahi 6 kabupaten/kota. Kapal canggih ini akan memperkuat fasilitas pencarian serta memantau aktivitas pelayaran yang padat di selat Malaka.

Dikatakannya, kapal berbahan aluminium ini memiliki tiga mesin seri 1.400, memiliki autopilot serta dilengkapi dengan Echo Sounder, SEA RIDER, perangkat satelit, alat selam dan peralatan komunikasi digital.

Dalam pengoperasian KN SAR Sanjaya ini secara mobiler dan mendukung pencarian dan pertolongan, mengingat aktivitas masyarakat di jalur lintas selatan Malaka yang rawan terjadi kecelakaan. KN SAR Sanjaya ini juga dilengkapi dengan mariam air yang bertujuan untuk memadamkan api, apabila terjadi kebakaran kapal di laut. Oleh sebab itu pengoperasiannya secara mobiler,” pungkasnya. (ck-04)

Foto : Pengoperasian KN SAR Sanjaya di perairan Tanjung Balai. (Muhammad Gani/Metro Asahan).