Pasang Baliho, Pekerja Tersengat Listrik

SIANTAR, bumantaranews.com – Pekerja pemasangan baliho di toko Vista Ponsel, Jalan Merdeka, Kelurahan Dwikora, Kecamatan Siantar Barat, Kota Pematangsiantar tersengat arus listrik tegangan tinggi, Minggu (3/10) sekitar pukul 18.00 WIB. Akibatnya, tubuh pekerja bernama Wira Hamdani Lubis (35) itu melepuh.

Kasubbag Humas Polres Pematangsiantar AKP Rusdi menerangkan, sore menjelang malam itu, korban bersama rekannya , sedang mengganti baliho di toko tersebut.

Saat bekerja, korban tersengat aliran listrik tegangan tinggi yang jaraknya hanya beberapa meter di atas lokasi ia dan dua  rekannya bekerja. Setelah tersengat listrik, korban pingsan dan tersangkut di rangka besi baliho. Tak ayal, peristiwa tersebut mengundang kerumunan warga dan pengguna jalan.

Irma (29) salah seorang pekerja di toko ponsel mengatakan, korban tersengat listrik saat memasang baliho baru milik Ponsel Vista Cell.

“Mungkin tersenggol kabel listrik yang di atas itu. Tiba-tiba dia jatuh, terus nyangkut, makanya langsung ditolong tadi sama petugas dari Damkar dan PLN,” terangnya.

Sementara itu, Manajer PT PLN Rayon Siantar Kota, Tommi Martin Saragih yang ditemui di lokasi kejadian mengatakan, sesaat setelah mendapatkan laporan ada seorang pekerja baliho tersengat listrik, pihaknya langsung ke lokasi kejadian.

Dibantu petugas Damkar, pihaknya mengevakuasi korban. Evakuasi, lanjutnya, dilakukan sangat hati-hati mengingat kondisi korban sangat lemah karena mengalami luka bakar.

“Untuk memperlancar proses evakuasi dan menjaga hal-hal yang tidak diinginkan, kami memadamkan listrik untuk beberapa saat di sekitar lokasi. Korban selamat dan sudah dibawa ke rumah sakit guna mendapatkan pertolongan medis,” jelas Tommi.

Di lokasi kejadian, dua unit mobil Damkar milik Pemko Pematangsiantar dibantu satu unit mobil perbaikan lampu jalan milik Dinas Tarukim  Pematangsiantar diterjunkan guna mengevakuasi korban.

Sekitar satu jam, petugas Damkar dibantu petugas dari PLN dan rekan korban berhasil mengevakuasi korban dari lokasi pemasangan baliho di ketinggian sekitar 6 meter. Lalu korban dibawa masuk ke toko ponsel.

Tak lama, korban yang mengalami luka bakar di dada kanan dibawa petugas ke RS Tentara Pematangsiantar. (net)