Bijak Bermedia Digital, Tema Webinar Literasi Digital Kabupaten Deliserdang

DELISERDANG, bumantaranews.com – Webinar Literasi Digital Kabupaten Deliserdang mengangkat tema Bijak Bermedia Digital. Webinar oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) digelar Selasa (31/8) pukul 09.00 WIB.

Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital. Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kabupaten/Kota dari Aceh hingga Lampung. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain Kecakapan Digital, Keamanan Digital, Etika Digital, dan Budaya Digital.

Sebagai Keynote Speaker Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, dan Presiden RI Joko Widodo memberikan sambutan pula dalam mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.

Webinar membahas tentang Bijak Bermedia Digital oleh para narasumber yang mempunyai kompetensi di bidang masing masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session.

Pembahasan mengenai beberapa hal yang harus diperhatikan agar bijak bermedia sosial, antara lain perhatikan orang lain saat unggah dan berinteraksi, jangan mengeluh di ruang digital, tidak bergabung dengan sembarang online, tidak unggah sesuatu saat sedang emosi, serta menghindari pernyataan politik dan agama.

Lemahnya budaya digital bisa memunculkan pelanggaran terhadap hak digital warga. Rendahnya etika digital berpeluang menciptakan ruang digital yang tidak menyenangkan karena terdapat banyak konten negatif.

Banyak yang berpendapat benar tapi tidak dapat dipertanggung jawabkan secara akademik. Berhati-hatilah berpendapat di media sosial karena tidak ada aturan mutlak tentang kebebasan berpendapat.

Rapuhnya keamanan digital berpotensi terhadap kebocoran data pribadi maupun penipuan digital. Mengajarkan keamanan digital untuk anak, antara lain jangan membagi informasi personal, pastikan bahwa memiliki izin untuk melihat dan membagi informasi, menjaga kerahasiaan password dan rutin ganti password secara berkala, serta pastikan hanya membagi informasi yang positif.

Banyak anak-anak yang kecanduan digital hingga lupa bersosial di dunia nyata. Jadilah orang tua panduan berperilaku baik bagi anak yang aktif menggunakan digital. Kontrol dan bimbing anak dalam berselancar di internet.

Perlu diingat media digital ini memiliki konektivitas yang sangat luas, di mana masyarakat bisa mendapatkan berbagai kesempatan seperti, karir, profesi, bisnis global, serta maupun pembuka jalan masa depan baru. (rel/md)