Warga Binaan dan Petugas Lapas Sibolga Dites Urine

Tim Satops Patnal Pas Kanwil Kemenhumkan Sumut Sidak

SIBOLGA, bumantaranews.com – Satuan Operasional Kepatuhan Internal Pemasyarakatan (Satops Patnal Pas) Kantor Wilayah Kemenkumham Sumut melakukan Sidak (inspeksi mendadak) di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Sibolga dengan menggelar razia kamar hunian dan melakukan tes urine kepada warga binaan dan petugas pada Senin (18/10) malam.

Tim yang tiba pukul 20.45 WIB langsung melakukan apel personil dan melakukan razia di kamar hunian secara acak. Kegiatan dimulai dengan mengeluarkan warga binaan dan melakukan pemeriksaan badan kemudian dilanjutkan dengan menggeledah seluruh isi kamar.

Dalam pelaksanaan razia ruang kamar disaksikan oleh salah satu penghuni kamar serta dilakukan secara humanis. Dalam inspeksi kali ini tidak ditemukan adanya narkoba maupun ponsel.

Setelah melakukan razia kamar hunian, selanjutnya tim melakukan tes urine secara acak terhadap beberapa warga binaan dan petugas. Dari hasil pemeriksaan, seluruh warga binaan dan petugas dinyatakan negatif dari penggunaan narkoba.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas IIA Sibolga Tapianus A. Barus menjelaskan, inspeksi yang dilakukan oleh Tim Satops Patnal Pas Kanwil Sumut tersebut merupakan tindakan nyata keseriusan Menhumkam dalam melakukan pengawasan dan gangguan di lapas.

“Kedatangan Tim Satops Patnal Pas Kanwil Sumut merupakan keseriusan pimpinan dalam mengawasi dan melakukan deteksi dini terhadap gangguan keamanan di Lapas sehingga tercipta situasi yang aman dan kondusif,” ucap Tapianus.

“Hasil kegiatan malam ini juga merupakan tindak lanjut dari komitmen kita dalam mewujudkan Lapas Sibolga Zero Halinar (Handpone-Pungli-Narkoba),” tambah Tapianus. (dh)