Mantan Kapoldasu jadi Deputi di BNPP Kemendagri

JAKARTA, bumantaranews.com – Kepala Badan Intelijen dan Keamanan (Kabaintelkam) Polri Komjen Paulus Waterpauw dilantik sebagai Deputi Bidang Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan di Badan Nasional Pengelolaan Perbatasan Kementerian Dalam Negeri. Paulus dilantik oleh Mendagri Tito Karvanian, Kamis (21/10) pagi.

“Pada Kamis, 21 Oktober 2021, telah dilaksanakan kegiatan pelantikan sebagai Deputi Bidang Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan RI di Kantor Badan Nasional Pengelola Perbatasan yang dipimpin oleh Mendagri RI,” kata Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Kombes Ahmad Ramadhan dalam keterangannya.

Menurut Ramadhan, Paulus yang pernah menjabat Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Kapoldasu) itu merupakan salah satu personel terbaik Polri. Karena itu, Polri menugaskannya di Kemendagri ketika diminta.

“Tentu kalau ada personel Polri yang diminta untuk pengabdian bangsa dan negara, Polri akan memberikan personel yang terbaik,” kata dia.

Sebelumnya, Kamis (4/3) lalu, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memberikan kenaikan pangkat kepada Paulus Waterpauw dalam upacara yang digelar di Mabes Polri, Jakarta. Paulus Waterpauw menerima pangkat bintang tiga atau Komisaris Jenderal (Komjen).
Dalam upacara tersebut, Komjen Paulus Waterpauw sekaligus secara resmi menyerahkan jabatannya sebagai Kapolda Papua kepada Irjen Matius Fakhiri.

Berdasarkan surat telegram Kapolri tanggal 18 Februari 2021, Paulus dimutasi dalam jabatan baru sebagai Kepala Badan Intelijen dan Keamanan (Kabaintelkam) Polri. Pria kelahiran Fakfak, Papua Barat, 25 Oktober 1963 ini merupakan lulusan Akpol 1987 yang berpengalaman di bidang intel. Ia pernah menjabat sebagai Kapolsek Menteng (2000), Kapolres Mimika (2002), Kapolres Jayapura (2005), dan Kapolda Papua Barat (2014).

Paulus dua kali menjabat sebagai Kapolda Papua, yaitu pada 2015 dan 2019. Sementara itu, pada 2017 ia sempat menjabat sebagai Kapoldasu. Kemudian pada 2018, Paulus pernah menjabat sebagai Analis Kebijakan Utama bidang Sespimti Sespim Lemdiklat Polri. Ia kembali menempati posisi sebagai Kapolda Papua pada September 2019 menggantikan Irjen Rudolf Alberth Rodja. (net)