Sinode ke-13 HKIP: Lindu Tambunan Bishop, Tarida Siregar Sekjen

SIANTAR, bumantaranews.com-Sinode ke-13 Huria Kristen Indonesia Protestan (HKIP) telah selesai dilaksanakan. Pdt Lindu Tambunan STh MM terpilih sebagai Bishop dan Pdt Tarida Br Siregar STh sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjend) untuk periode 2021 – 2026.

Sinode dilaksanakan selama tiga hari, Jumat- Minggu (22-24/10) di HKIP Agave Jalan Pisang Kelurahan Pardamean Kecamatan Siantar Marihat Kota Pematangsiantar. Pimpinan pusat HKIP tersebut langsung dilantik oleh Pdt Bangun Harianja MTh selaku pendeta tertua HKIP, Minggu (24/10) di HKIP Agave Pematangsiantar.

Setelah dilantik menjadi Bishop, Pdt Lindu Tambunan didampingi Pdt Tarida Br Siregar langsung melantik Majelis Pusat HKIP periode 2021 – 2026.

Pdt Lindu Tambunan STh MM usai dilantik mengatakan rasa terimakasihnya  atas kepercayaan jemaat kepada mereka untuk memimpin HKIP lima tahun ke depan.Mereka tak lupa juga mengucap syukur kepada Tuhan.

Visi kerja mereka adalah HKIP bisa berubah kedepan untuk lebih baik lagi. Dan untuk mewujudkan visi itu, harus terus bekerja dan menjadikan HKIP menjadi kemuliaan bagi Tuhan.

Sementara Sekjend HKIP Pdt Tarida Br Siregar STh mengatakan, memiliki kerinduan untuk membesarkan HKIP untuk kemuliaan Tuhan.

“Kami diangkat untuk menjadi pimpinan pusat HKIP kami menyadari itu bukan karena kami sudah layak. Tetapi kami punya kerinduan, kami mau Tuhan memakai kami akan menampilkan yang terbaik dari diri kami. Kami akan konkritkan dengan usaha mencoba mencari sumber dana karena saat ini kami memahami organisasi gereja akan bisa bergerak dan semua itu akan kami tunjukkan untuk kemuliaan Tuhan, untuk membesarkan HKIP dan injil kebenaran Tuhan nyata di tengah-tengah kita,”ujarnya.

Lebih lanjut Pdt Tarida mengatakan untuk mewujudkan itu semua mereka tidak mungkin belerja sendirian sehingga akan bermitra dengan seluruh pendeta, bergandeng tangan dengan parhalado dan jemaat sehingga apa yang dicita citakan dan yang akan dikerjakan semua akan terealisasi demi kemajuan HKIP.

Sementara dalam situasi pandemi sekarang Pdt Tarida mengharapkan agar kita tak perlu takut karena kita yakin Tuhan ada.

“Namun kita harus tetap patuh terhadap Protokol kesehatan,”pungkasnya.

Sementara itu Ketua panitia St O H Situmorang yang juga ketua jemaat HKIP Resort Siantar 1 mengatakan, puji syukur atas pelaksanaan sinode yang berjalan dengan baik. Setelah terpilihnya pimpinan yang baru, diharapkan HKIP  lebih maju dan lebih giat melayani Tuhan serta agar lebih berkembang.

“Kita berharap setelah terpilihnya pimpinan yang baru maka HKIP lebih maju, lebih giat melayani Tuhan serta lebih berkembang,”ujarnya.

Adapun pengurus Majelis pusat yang dilantik adalah  Pdt Dr Marlan Pardede MTh, Pdt Bangun Harianja MTh, Pdt Sariman Sihombing STh, St P Simatupang, St Drs A Sirait, St A Siallagan, St HP Siagian, Drs TH Simanjuntak MSi, St O H Situmorang, St R Br Simanjuntak SPd dan Gunaria Siagian SPd MSi.

Sebelum pelantikan acara diawali dengan kebaktian minggu dan dilanjutkan dengan pelantikan, kata kata sambutan serta makan siang bersama.

Sebelumnya, Jumat (22/10), pimpinan pusat periode sebelumnya, Bishop Pdt Dr Marlan Pardede membuka acara sinode bersama Sekjen Pdt Parlin Sumangunsong Mdiv. Hadir dan memberikan kata sambutan pada acara pembukaan, mewakili Kementrian Agama Provinsi Sumatera Utara Dr Arnold Napitupulu, mewakili Ketua DPRD Siantar Baren Ali Joyo Purba, Kapolsek Siantar Marihat, mewakili GLFI Ev Irnawati Saragih, Ketua BKAG Siantar Pdt Rohsininta Hutabarat, mewakili Kemenag Kota Siantar dan para undangan.(rel/md)