Temuan Ganja di Lapas Siantar Masih Misterius

SIMALUNGUN, bumantaranews.com – Dalam kurun waktu satu tahun terakhir, Lapas Kelas IIA Kota Pematangsiantar dihebohkan dengan adanya penemuan narkotika jenis ganja.

Narkotika golongan 1 tidak dalam jumlah yang cukup sedikit, namun jumlah nya hingga puluhan kilogram, anehnya lagi sejumlah barang haram tersebut masih misterius siapa pemiliknya.

Terkait hal tersebut, Humas Lapas Kelas IIA Kota Pematangsiantar Rudy Fernando Sianturi saat dihubungi wartawan, Rabu (15/9/2021) sekira pukul 13.40 WIB lewat telepon menyebut narkotika jenis ganja tersebut telah diserahkan oleh pihak nya ke Satuan Narkoba Polres Simalungun untuk melakukan penyelidikan lebih lanjut.

“Kita sudah serahkan ke pihak kepolisian, itu masih didalami. Jadi posisinya barang itu saat ini tidak bertuan,” terang Rudy.
Saat ditanyai wartawan apa hubungan narkotika jenis ganja tersebut dengan pihak lapas. Dan kenapa barang haram tersebut bisa ditemukan di kawasan tersebut.

“Itu iseng-iseng berhadiah bang, artinya menurut penilaian kita,”ujarnya.

Saat disinggung wartawan apakah sejumlah narkotika tersebut ada hubungannya dengan, warga binaan atau pun petugas, Rudy menyebutkan dipastikan ada hubungannya dengan orang dalam kata dia.

“Sangat tidak mungkin jika tidak ada hubungannya dengan orang dalam, namun kita tidak bisa menentukan pemiliknya siapa. Kita gak mungkin menuduh, kan posisinya saat ini warga binaan berjumlah berkisar seribu orang lebih,” ujar Rudi.

Menurut Rudi Sianturi, pelemparan sejumlah narkotika jenis ganja tersebut. Diduga si pemilik tidak memiliki peluang jalan lain untuk memasukkan narkotika tersebut ke dalam lapas.

“Jadi mungkin mereka tidak ada cara untuk memasukkan kedalam. Jadi terpaksa dilempar gitu,” ujarnya mengakhiri.

Perlu diketahui, sebanyak 4,5 bal narkotika jenis ganja tak bertuan di temukan oleh Petugas yang berjaga pada bulan April 2020 lalu. Saat itu Kabag Humas Lapas Klas IIA Pematangsiantar Iras Silalahi, menyebut penemuan narkotika jenis ganja tersebut dalam keadaan terbungkus dengan dilapisi dengan plastik hitam.

Sementara itu Kasat Narkoba Polres Simalungun AKP Adi Haryono saat dihubungi wartawan, Selasa (26/10/2021) lalu mengatakan pihaknya masih terus melakukan upaya penyelidikan terkait penemuan sejumlah narkotika tersebut.

“Masih terus kami lakukan penyelidikan bang, berkoordinasi dengan Polda Sumut,” kata AKP Adi. (mat)