Parenting Bunayya: Komunikasi Membangun Karakter Anak yang Baik

SIDIMPUAN, bumantaranews.com – Yayasan Pendiddikan Bina Ul Ummah Padangsidimpuan yang menaungi Sekolah Islam Terpadu Bunayya kembali menggelar Seminar Parenting, Minggu (7/11) lalu di Auditorium IPTS Padangsidimpuan. Seminar pendidikan keluarga yang mengusung tema ‘Menggali dan Mengoptimalkan Potensi Anak Menjadi Generasi Emas 2024’ juga dihadiri Wali Kota Padangsidimpuan.

Ketua YP Bina Ul Ummah Khoiruddin Rambe SSos mengatakan, seminar parenting merupakan agenda rutin Yayasan Pendidikan Bina Ul Ummah dalam meningkatkan mutu pendidikan dengan memaksimalkan peranan keluarga dalam pengasuhan anak.

Ia pun menyampaikan harapan pada orangtua dari tingkatan PAUD, TK, SD dan SMP-IT yang hadir, dapat menyimak dan memahami yang disampaikan pemateri.

“Pentingnya pendidikan dari awal kepada anak, pendidikan adalah tanggung jawab kita semua, orangtua harus sadar pentingnya pendidikan untuk anak, jangan sekedar hanya ikut-ikutan mari kita simak dan memahami bersama materi yang disampaikan,” ajaknya.

Di sini, Khoir Rambe juga menyampaikan program baru YP Bina Ul Ummah dalam upaya terus mencoba membangun pendidikan yang bagus dan layak kepada siswa-siswi.

“Sekarang Bunayya sudah mempunyai grobak literasi satu-satunya di Tabagsel, salah satu tujuannya adalah meningkatkan pengetahuan dan minat baca siswa,” ungkapnya sebelum mengakhiri sambutan.

Wali Kota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution SH menyampaikan, kegiatan pendidikan keluarga dan pengasuhan anak seperti ini sangat baik dalam membangun generasi-generasi emas menuju Indonesia 2045. Ia pun sangat mengapresiasi, berharap generasi ke depan tak hanya cerdas secara teknologi, juga cerdas secara agama.

“Anak yang dititipkan kepada kita adalah amanah, yang harus kita jaga dan kita butuhi khususnya pendidikan. Pemerintah Padangsidimpuan terus berusaha meningkatkan mutu pendidikan di Padangsidimpuan,” ungkapnya membuka seminar seraya membaca basmalah.

Narasumber Parenting kali ini Syahrul Komala MPsi MBC Nav MNLP dan dimoderasi Ade Reksanna Pohan SAB MAP. Di antara materinya, Syahrul Komala menyampaikan dalam mendidik anak yang sangat perlu adalah komunikasi yang baik antara orangtua, anak atau pun orang lain dalam rumah.

Dari komunikasi yang baik yang telah dibangun, anak tidak canggung menceritakan sekelumit persoalan atau pun pengalamannya yang didapat di lingkungan luar rumah.

“Dengan komunikasi bisa membangun karakter anak yang lebih baik. Banyak anak yang tidak tahu tempat mengaduh karena komunikasi yang jarang dengan orangtua yang menyebabkan anak bisa depresi,” katanya

Selain komunikasi, keharmonisan di dalam keluarga juga sangat berpengaruh baik perkembangan mental atau psikologis anak. Maka, banyak kasus pertengkaran yang kerap terjadi di dalam rumah akan membuat anak tertekan dan depresi.

“Keharmonisan keluarga salah satu penunjang anak untuk berprestasi, ketika anak tidak mendapatkan keharmonisan keluarga, tingkat depresi anak sangatlah tinggi,” tuturnya.

Terakhir, Syahrul Komala sampaikan dengan mengajak para orangtua untuk meningkatkan rasa peduli, sikap jujur dan tanggungjawab kepada anak dan itu semua dimulai dari orangtua. (san)