34 Atlet RTA Berjaya, Shabqie Sirait Termuda

Taekwondo Championship 2021 Piala Ketua Golkar Sumut

SIANTAR, bumantaranews.com – Sebanyak 34 atlet Rahmat Tekwondo Academy (RTA) Pematangsiantar mengukir prestasi di ajang Taekwondo Championship 2021 Piala Ketua DPD Partai Golkar Sumatera Utara (Sumut). Pertandingan yang digelar di Gedung Serbaguna Disporasu, Jalan Williem Iskandar, Pancing, Medan itu, berlangsung 12, 13, dan 14 November 2021.

Dari 34 atlet RTA, seorang di antaranya menjadi atlet termuda yang mewakili Kota Pematangsiantar, yakni Shabqie Arkhan Pratama Sirait. Shabqie yang masih berusia 4 tahun 5 bulan berhasil meraih medali emas di ajang tersebut. Sementara rekan-rekannya sesama atlet RTA, ada yang meraih medali emas dan juga medali perak.

Pelatih RTA, Rahmat Sitanggang yang dihubungi, Senin (15/11) menerangkan ia mengaku sangat bangga dengan prestasi yang telah diraih anak didiknya. Menurut Rahmat, pendidikan bela diri di usia dini sangat membantu anak-anak dalam menegakkan disiplin, melatih mental dan juga karakter anak.

“Dan tentunya dapat mengurangi waktu anak dalam menggunakan gadget, terutama untuk bermain game online yang dapat merusak mental. Olahraga beladiri juga mampu menjauhkan anak dari penyalahgunaan narkoba,” terang Rahmat, yang memiliki pusat pelatihan Taekwondo di Jalan Gunung Simanuk-manuk, Kecamatan Siantar Barat, Kota Pematangsiantar.

Diterangkan Rahmat, anak-anak didiknya berlatih Taekwondo lima kali dalam seminggu. Mereka libur hanya di hari Sabtu dan Minggu.
“Setiap hari mereka berlatih selama tiga jam dengan kurikulum latihan yang telah kami persiapkan,” tukasnya.

Sementara itu, Yuki Novita Sari Pohan, yang merupakan orangtua Shabqie, mengaku sangat bersyukur karena putranya sudah mengukit prestasi di usia dini.

Katanya, awalnya Shabqie ditawari pelatih RTA untuk mengikuti Kejuaraan Taekwondo Piala Ketua DPD Partai Golkar Sumut yang juga Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah. Dari atlet RTA yang terpilih, Shabqie yang paling muda.

Yuki pun mengaku sempat terkejut mengingat Shabqie baru bergabung di dunia Taekwondo di Juli 2021 lalu.

“Jadi ini memang pertandingan pertama bagi Shabqie,” sebut Yuki, seraya menambahkan ia dan suaminya tentunya mendukung penuh sang putra untuk mengikuti pertandingan. Apalagi, Shabqie sendiri sangat bersemangat.

Masih kata Yuki, tadinya sebagai orangtua mereka tidak memikirkan Shabqie meraih kemenangan karena usianya memang masih muda.
“Bagi kami, Shabqie berani tampil di arena itu sudah cukup membanggakan,” tukasnya.

Apalagi, lanjutnya, sebelum bertanding Shabqie sempat menangis karena sudah lelah dan jenuh menunggu giliran. Namun setelah dibujuk dan mendapat dukungan penuh dari keluarga, senior, sabeum (pelatih), dan seluruh tim RTA, akhirnya Shabqie semangat bertanding dan meraih kemenangan dengan score 26-17.

Saat Shabqie diumumkan sebagai pemenang, banyak yang bersorak bangga. Shabqie yang merupakan siswa RA IT Ulil Albab Pematangsiantar itu pun merasa bangga dengan prestasi yang diraihnya.

“Akhirnya Shabqie pulang ke Siantar dengan membawa medali emas. Alhamdullah,” katanya. (awa)