BPHM Sinode GKI Sumut Dilantik

HUMBAHAS, bumantaranews.com – Sidang Sinode Ke-16 Gereja Kristen Indonesia Sumatera Utara (GKI Sumut) berjalan dengan baik dan sukses. Sidang yang digelar di Sopo Agape, Tomok, Kabupaten Samosir selama tiga hari itu telah memutuskan beberapa keputusan-keputusan bersama yang nantinya diharapkan dapat memajukan GKI Sumut kedepan tanpa mengubah warna dan keunikan yang dimiliki selama ini.

Dalam sidang yang terdiri dari utusan tiap-tiap Klasis (Sebutan untuk kumpulan Jemaat GKI Sumut berdasarkan wilayah, red) menghasilkan rumusan serta keputusan-keputusan sidang yang sifatnya pembaharuan dan kemajuan GKI Sumut ke depan, baik secara iman maupun organisasi.

Meski kadang melalui pembahasan dan perdebatan yang alot, namun sidang sepakat memutuskan beberapa hal, seperti pengesahan Tata Gereja (Tager) hasil revisi dengan tahap sosialisasi untuk selanjutnya dievaluasi.

GKI Sumut  Klasis Medan mengalami pemekaran menjadi 2 klasis dengan penamaan Klasis Medan Satu dan Medan Dua  serta beberapa hasil keputusan lainnya.

Dalam Sidang tersebut juga terpilih Badan Pekerja Harian Majelis Sinode (BPHMS) GKI Sumut periode 2021-2025 dengan komposisi sebagai berikut; Ketua Pdt Jhon Maikel P Siregar MTh, Sekretaris Pdt Yatus Groho STh, Bendahara GI Dwi Supriono S PAK, Wakil Ketua Pdt Luther Novryaman Lase MTh, Wakil Sekretaris Penatua Sunday Sihotang.

Pengurus BPHMS terpilih dilantik sesaat sebelum penutupan sidang yang dipimpin oleh Pendeta Asal P Tambunan MTh.

Pdt Asal P Tambunan mengatakan, tugas BPHMS terpilih adalah membawa banyak orang datang kepada Yesus serta menghasilkan buah. “Harus berbuah: Berbuah dalam arti menjadi berkat bagi orang lain,” katanya.

Dia juga mengajak BPHMS agar menghayati Firman Tuhan. Karena panggilan layanannya adalah melayani jemaat se-Sinode dengan menjalankan amanat-amanat sidang Sinode ke-16. “Layanilah jemaat se-Sinode. Jalankan amanat-amanat sidang,” ujar Pdt Asal P Tambunan yang juga mantan Ketua BPHMS periode 2016-2020 itu dalam acara kebaktian pelantikan.

Sebelumnya diberitkan, Bupati Samosir Vandiko Gultom ST menghadiri pembukaan Persidangan Majelis Sinode Gereja Kristen Indonesia (GKI) Sumut Ke-16 yang diadakan di Wisma Agape Tomok, Kecamatan Simanindo, Selasa (16/11).
Persidangan Majelis Sinode Gereja Kristen Indonesia (GKI) Sumut ke-16 akan berlangsung 16-18 Nopember 2021 dengan mengangkat Tema : “Dengarkanlah Dia (Markus 9 : 7B) dan Sub Tema : Menjadi Gereja yang Mendengar Suara Tuhan dan Mengaktualisasikannya dalam Program Gereja Lokal, se-Klasis dan se-Sinode”. (Sht)