Serbu Pasar Murah di Balairung Rajawali!

SIANTAR, bumantaranews.com – Warga menyerbu pasar murah di Balairung Rajawali, Jalan Mufakat, Kelurahan Sukadame, Kecamatan Siantar Utara, Kota Pematangsiantar, Selasa (23/11) pagi. Warga yang didominasi kaum ibu itu senang melihat sejumlah sembako dijual dengan harga lebih murah.

Sembako yang dijual antara lain beras, gula pasir, minyak goreng, sarden, dan telur.

Dirut PD Pasar Horas Jaya, Toga Sehat Sihite menerangkan kegiatan pasar murah tersebut merupakan kerja sama pihaknya dengan Dinas Koperasi Kota Pematangsiantar.

Harga yang ditawarkan, katanya, tentunya lebih murah dibandingkan dengan harga di tempat lain. Misalnya, beras 1 kilogram Rp15 ribu, gula pasir Rp12 ribu per kilogram, atau Rp23 ribu per 2 kilogram.

Sedangkan beras medium kemasan 5 kilogram Rp45 ribu. Biasanya di pasaran berkisar Rp50 ribu-55 ribu. Untuk beras kemasan 10 kilogram Rp105 ribu dari biasanya Rp120 ribu.

Selanjutnya, ikan sarden ukuran 425 gram Rp18 ribu dan Rp35 ribu untuk 2 kaleng. Ikan sarden sedang ukuran 155 gram Rp16 ribu dan jika beli dua kaleng hanya Rp30 ribu.

Toga menilai pasar murah tersebut sangat membantu perekonomian warga di tengah pandemic Covid-19 yang belum berakhir.
“Ini sangat membantu masyarakat di situasi ekonomi yang kian melemah ini,” tukasnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Pematangsiantar Elviana Turnip mengatakan pihaknya bekerja sama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumatera Utara untuk mengadakan pasar murah.

“Terkait pasar murah ini, kita bekerjasama dengan Disperindag Provinsi Sumatera Utara,” sebut Elviana.

Ditambahkannya, kegiatan pasar murah tersebut hanya berlangsung sehari. Namun ada kemungkinan nantinya kembali digelar di bulan Desember. (mat)